Yamaha Lexi

Menikmati Lezatnya Mi Vietnam di Pho Anh Ba

  Rabu, 30 Januari 2019   Anya Dellanita
Mie Vietnam di restoran Pho Anh Ba. (Anya Dellanita/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Bandung sebagai surga kuliner menjanjikan banyak varian makanan. Tak heran jika kota kembang ini dikunjungi banyak wisatawan, terutama wisatawan domestik yang ingin mencoba menu unik hasil kreativitas warganya.

Selain itu, di Bandung pun memiliki banyak rumah makan atau restoran yang menawarkan menu makanan mancanegara. Terbaru, ada satu resto makanan yang jarang ditemui yaitu yang menawarkan makanan khas Vietnam. Nama restoran tersebut adalah Pho Anh Ba yang terletak di Jalan Naripan.

Restoran khas Vietnam ini baru saja dibuka, tepatnya pada tanggal 29 Januari 2019. Meskipun baru dibuka dua hari, tampaknya pengunjung yang penasaran sudah mulai berdatangan.

AYO BACA : 5 Kuliner Hits di Bandung Sepanjang 2018

Sesuai namanya, Pho Anh Ba, merupakan restoran Vietnam yang fokus pada menu Pho, sejenis kwetiaw berkuah dengan daging sapi atau ayam. Nah, menu jagoan restoran ini adalah Pho Bo, kwetiaw dengan kuah kaldu daging sapi.

Menu yang ditawarkan Pho Anh Ba memang tidak banyak, intinya hanya dua, yakni Pho Bo (kuah kaldu sapi) dan Pho ga (kuah kaldu ayam). Saat ditanyai alasannya, Primus, sang pemilik mengatakan kalau ia ingin restorannya identik dengan Pho saja.

"Kami ingin restoran kami jadi spesial Pho saja, lebih enak begini tapi diperdalam," ujarnya saat ditemui Rabu, (30/1/2019) sore.

AYO BACA : Lima Kuliner Kaki Lima Kesukaan Urang Bandung

Pho Bo di restoran ini dibagi lagi menjadi Pho Special, Pho Tai Nam, dan Pho Chin. Pho Special berisi kwetiaw kuah dengan daging dada, perut, paha dan bakso. Pho Tai Nam berisi daging paha dan perut, sementara Pho Chin berisi daging dada saja.

Harga yang dipatok di restoran ini juga tidak mahal, di bawah Rp50.000. Dengan uang Rp25.000, kamu sudah bisa menyantap Pho Ga, sedangkan untuk Pho Bo, harganya dipatok mulai dari Rp28.000-Rp39.000.

Nama Pho Anh Ba ini ternyata ada filosofinya lho. Kata "Anh Ba" dalam bahasa Vietnam berarti "kakak" . Nama ini berhubungan dengan latar belakang dibangunnya restoran ini. 

Awalnya, kakak dari istri pemilik memiliki restoran Pho di Vietnam. Dia bercita-cita ingin membuka restoran Pho di seluruh dunia, namun impiannya belum sempat tercapai karena keburu meninggal. Akhirnya, cita-citanya tersebut dilanjutkan oleh sang adik, dengan membuka restoran di Indonesia.

Ada tradisi unik saat memakan Pho, sebelum makan, biasanya orang Vietnam menuangkan saus sambal dan saus Hoisin ke dalam mangkuk saus dengan perbandingan setengah-setengah. 

Nah, kalau biasanya kita di Indonesia memasukkan saus ke dalam kuah, kalau di Vietnam kita mencocol baso dan daging dalam Pho ke saus tadi, baru dimakan.

AYO BACA : Berita Pilihan: Bandung Punya Destinasi Wisata Kuliner Baru

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar