Yamaha Mio S

Tanggulangi Rentenir, Kades Panundaan Imbau Warga Pinjam Uang ke bjb atau BPR

  Rabu, 30 Januari 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi. (pixabay.com)

CIWIDEY, AYOBANDUNG.COM--Kepala Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung Asep Mamun mengimbau masyarakat untuk tidak meminjam uang kepada rentenir.

Menurut Asep, saat ini disinyalir banyak rentenir merambah ke pelosok desa, seperti Panundaan. Sehingga, masyarakat menjadi terjerat utang.

"Desa Panundaan menyatakan perang dengan rentenir," tutur Asep, Rabu (30/1/2019).

Upaya perang dengan rentenir yang dilakukan oleh Desa Panundaan adalah dengan mengarahkan masyarakat untuk meminjam uang kepada lembaga terpercaya seperti bank.

Banyak program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di bank-bank milik pemerintah daerah, seperti bank bjb dan BPR Kertaraharja. Saat ini, sebagian besar lahan di desa panundaan telah bersertifikat melalui program PTSL. Sertifikat tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan jaminan kepada bank.

"Selain murah dan mudah, meminjam uang ke bank juga lebih aman," ujarnya.

Diakui Asep, pihaknya akan membantu masyarakat jika ingin mengajukan pinjaman ke bank untuk keperluan produktif.

"Masyarakat jangan malu untuk datang ke kantor desa, jika ingin membuat SKU (Surat Keterangan Usaha) sebagai salah satu syarat pengajuan kredit ke bank, kami akan permudah," katanya.

Selain bisa menghindari jeratan rentenir, mengajukan kredit ke bank juga bisa membantu masyarakat dalam mengembangkan ekonominya.

"Kalau meminjam uang untuk modal, berarti ada peluang ekonomi masyarakat menjadi maju," katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar