Yamaha Lexi

Bersalaman Menularkan HIV? Ini Faktanya

  Selasa, 29 Januari 2019   M. Naufal Hafiz
Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Mitos cara penularan HIV dan AIDS masih berkembang di masyarakat. Karenanya, masyarakat enggan berinteraksi dengan orang dengan HIV AIDS (ODHA).

Padahal menurut Baby Jim Aditya, aktivis yang peduli dengan masalah HIV AIDS, penyakit ini tidak menular lewat kontak sosial.

AYO BACA : LGBT Berisiko Alami Gangguan Jiwa

Anggapan-anggapan yang keliru di tengah masyarakat, menurut Direktur Eksekutif Indonesia AIDS Coalition Aditya Wardhana, menimbulkan dampak buruk bagi ODHA dan juga masyarakat.

"Kalau perspektif masih seperti itu, yang rugi bukan hanya ODHA, tapi juga masyarakat," kata Aditya, seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/1/2019).

AYO BACA : Kisah Freddie Mercury dan Selebriti Dunia dengan HIV/AIDS

Perspektif ini membuat ODHA merasa didiskriminasi dan menutup diri dari lingkungan sekitarnya. Dampak jauhnya, mereka bisa saja tidak mau memeriksakan diri dan mengakses layanan kesehatan yang berkaitan dengan penyakitnya.

Aditya menyarankan untuk bersikap seperti biasa layaknya kita berinteraksi dengan sesama manusia ketika berhadapan dengan ODHA. Hal ini karena virus tidak mudah menular ke lingkungan sekitar seperti anggapan yang beredar.

HIV AIDS, ditegaskan Baby, hanya dapat menular melalui darah, cairan sperma, cairan vagina, dan air susu ibu.

Dengan begitu, kontak seperti bersalaman, bertukar pakaian, berbagi toilet, dan berenang tidak dapat menularkan virus ini.

Virus hanya akan menular misalnya ketika berhubungan seks dengan ODHA tanpa alat kontrasepsi atau ketika darah ODHA bercampur dengan darah orang sehat.

AYO BACA : Gali Informasi Seputar HIV/AIDS Lewat Aplikasi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar