Yamaha Mio S

Menpan-RB: Inovasi Samsat J'bret Bakal Diterapkan di Daerah Lain

  Senin, 28 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin usai peluncuran Samsat J'bret di Gedung Sate, Senin (28/1/2019).(Nur Khansa/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Inovasi pelayanan Samsat J'bret yang diluncurkan Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat di halaman Gedung Sate, Senin (28/1/2019) siang direncanakan akan diterapkan di daerah lainnya di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin saat memberikan sambutan dalam launching resmi layanan Samsat J'bret.

"Pembayaran Samsat online meskipun ada di daerah lain, di DKI (Jakarta), dan lainnya, tapi ini yang pertama. Karena masyarakat bisa membayar di toko-toko online, Indomaret, dan Alfamart. Oleh karena itu saya akan sampaikan ke Kemendagri supaya ini bisa diadopsi menjadi program nasional," jelasnya.

Soal anggaran, Syafruddin menyebut hal tersebut tidak menjadi persoalan bagi pemerintah. "Soal anggarannya gampang. Yang penting itu lebih ke bagaimana kita bisa mennyelenggarakannya di daerah-daerah," katanya.

Syafruddin menuturkan pengadopsian layanan pembayaran ala Samsat J'bret ini menjadi sebuah keharusan di tengah kebutuhan masyarakat di era yang serba digital. Dia juga menilai inovasi yang dilakukan merupakan pelayanan terbaik pemerintah.

Menurutnya, apa yang dilakukan Pemprov Jabar merupakan bentuk dari keterbukaan pemerintah dalam melayani publik di mana pemerintah hadir seluas-luasnya.

"Kita adalah aparat negara dan pemerintah tugasnya memfasilitasi keinginan negara dan keinginan publik. Semuanya kita dekatkan sehingga terbentuklah pelayanan negara yang sesuai dnegan kebutuhan publik," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar