Yamaha Aerox

Lebih Pintar Mana, Kucing atau Anjing?

  Minggu, 27 Januari 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi lebih pintar mana, anjing atau kucing. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Kucing dan anjing menjadi hewan yang paling umum dipelihara. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat memelihara kucing maupun anjing. Namun, di antara dua hewan ini, siapa sebenarnya yang lebih pintar?

Meski anjing identik dengan kata makian, namun berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Neuroanatomy, anjing dinilai lebih pintar daripada kucing, seperti dilansir dari National Geographic, Minggu (27/1/2018).

AYO BACA : Fakta, Ternyata Hello Kitty Bukan Kucing, Tapi...

Tim peneliti dari enam universitas berbeda di AS, Brasil, Denmark, dan Afrika Selatan berkontribusi dalam penelitian ini.

Penelitian ini melihat kecerdasan dua hewan tersebut berdasarkan jumlah neuron. Tim peneliti menggunakan tiga otak hewan—satu dari kucing, satu dari golden retriever, dan satu dari anjing kecil jenis campuran. Dua otak digunakan untuk mempelajari anjing karena ukuran taring sangat bervariasi.

AYO BACA : Kucing Ini Tak Sengaja Terkirim Lewat Paket Sejauh 1.200 Km

Para peneliti dari Vanderbilt University menemukan bahwa anjing memiliki sekitar 530 juta neuron kortikal. Sementara kucing memiliki kurang dari setengahnya, yakni 250 juta. Manusia sendiri memiliki sekitar 16 miliar neuron kortikal.

"Saya percaya jumlah mutlak neuron yang dimiliki hewan, terutama di korteks serebral, menentukan keadaan mental internal mereka dan kemampuan mereka untuk memprediksi apa yang akan terjadi di lingkungan mereka berdasarkan pengalaman masa lalu," kata Suzana Herculano-Houzel, profesor psikologi dan ilmu biologi di Vanderbilt.

Penelitian tersebut juga mencatat bahwa ukuran fisik otak tidak berhubungan dengan kecerdasan secara keseluruhan.

Sebagai contoh, otak beruang cokelat 10 kali lebih besar dari kucing, tetapi memiliki jumlah neuron yang hampir sama. Rakun juga setara dengan kucing soal kecerdasan.

Terlepas dari temuan tersebut, Herculano-Houzel sendiri mengakui kecerdasan dua hewan ini baru dilihat dari beberapa hal saja seperti neuron. Penelitian lain bisa memungkinkan membantah atau menguatkan temuan tersebut.

AYO BACA : Anjing Ini Punya Wajah Mirip Manusia

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar