Yamaha

Info Pembuatan Kartu Identitas Anak di Bekasi Berbayar adalah Hoaks

  Jumat, 25 Januari 2019   Ananda MF
Seorang anak menunjukan Kartu Identitas Anak (KIA) miliknya. (Foto Antara/Muhammad Iqbal).

BEKASI TIMUR, AYOBANDUNG.COM--Beredar informasi berantai pada aplikasi perpesanan bahwa pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) berbayar. Selain itu, KIA bisa dibuat secara kolektif dengan biaya pembayaran Rp70.000. 

Informasi itu dijawab oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi. Sekretaris Disdukcapil Jamus Rasidi menegaskan, pembuatan KIA sama sekali tidak berbayar alias gratis. 

Hal ini, tambahnya, berdasarkan Perundang-undangan Nomor 24 tahun 2013 pasal 79 A bahwa pengurusan semua dokumen kependudukan tidak dipungut biaya.

"Nah, karena KIA masuknya dokumen kependudukan jadi pengurusannya gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Masyarakat tidak perlu lagi takut mengenai broadcast tersebut karena itu sama sekali tidak benar," terangnya, Jumat (25/1/2109).

Dia juga menjelaskan, pengurusan KIA tidak dianjurkan melakukan secara kolektif. Ia menilai pengurusan KIA itu sangat mudah, pasalnya terpusat di semua kecamatan. 

"Saya imbau masyarakat untuk tidak melakukan pengolektifan dalam pengurusan ini, apalagi ada biaya-biaya begitu. Intinya kami tekankan semua pengurusan dokumen kependudukan gratis. Urus langsung tanpa perantara," tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar