Yamaha Mio S

3 Besar Seleksi Lelang Jabatan Pemprov Jabar Diputuskan

  Jumat, 25 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Tim pansel kepala dinas Jabar menggelar konferensi pers di Gedung Sate, Jumat (25/1/2019).(Khansa/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Proses seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dibuka untuk 15 organisasi perangkat daerah hampir memasuki tahap final. 

Masing-masing OPD, kecuali dinas kesehatan, telah menerima tiga besar nama kandidat yang nantinya akan diseleksi langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Salah satu anggota panitia seleksi JPT, Oekan Soekotjo, mengatakan, salah satu hal yang menjadi penilaian lolos seleksi selain persyaratan administratif adalah kemampuan berpikir kreatif dan inovatif. Hal tersebut diperlukan agar kepala dinas terpilih dapat bekerja "ngabret" sesuai harapan gubernur.

"Kemampuan ini tidak berupa daftar kriteria yang panjang, tapi lebih pada kemampuan mencari akar permasalahan dalam dinas terkait termasuk bagaimana solusinya. Solusi kreatif dan inovatif yang masih berada dalam koridor," jelasnya di Gedung Sate, Jumat (25/1/2019).

AYO BACA : Pemprov Jabar Targetkan Perda Lansia Rampung 2020

Dia mengatakan, langkah yang ditempuh guna mengetes kemampuan berpikir kandidat adalah melalui pembuatan makalah dalam waktu dua jam. Di samping itu, proses wawancara juga tak kalah menentukan.

"Untuk makalah, masing-masing peserta diberi laptop dan waktu selama dua jam, juga kisi-kisi masalah sesuai bidangnya. Mereka diminta merumuskan inovasi solusi untuk menyelesaikan hal tersebut," jelasnya.

Selanjutnya, untuk menentukan satu nama kandidat terpilih, sebelum diseleksi kecocokan langsung oleh gubernur, para kandidat terlebih dahulu akan melewati tahap screening yang dilakukan Badan Intelijen Negara hingga Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk memastikan rekam jejak yang bersangkutan dapat dipertanggungjawabkan.

"Dalam tahap administrasi itu juga ada tes psikometri, dan setelah mencapai tiga besar nanti akan minta konfirmasi dari BIN juga PPATK, lalu dililih oleh gubernur," jelas Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jabar Yerry Yanuar. 

AYO BACA : Emil Tampik Lelang Jabatan 15 Kepala OPD Jabar Bermotif Khusus

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar