Yamaha NMax

Tips Hindari Bahaya Instagram Bagi Mental Anda

  Jumat, 25 Januari 2019   Erika Lia
Logo Instagram

LENGKONG, AYOBANDUNG COM--Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan di era teknologi sekarang. Namun, sejumlah penelitian menemukan, terkandung bahaya bagi kesehatan mental penggunanya.

Seorang peneliti dari Harvard University, Emily Weinstein, sebagaimana disarikan dari nationalgeographic.co.id mengungkapkan bahaya mengonsumsi Instagram dapat muncul akibat perilaku iri.

Sekalipun begitu, pemanfaatan media sosial seperti Instagram tak bisa dihindari. Nah, agar Instagram tak mengganggu kesehatan mental, berikut tips yang bisa Anda ikuti :

1. Unfollow akun yang tak memberi kebahagiaan

Ketika menelusuri feeds Instagram, cari tahulah bagaimana perasaan Anda ketika melihatnya.

Weinstein menyebut, Anda sendirilah yang memegang kendali untuk menentukan foto mana yang membuat Anda bahagia, sedih, atau bahkan marah, dan perasaan lainnya. Gambar yang sama bisa berefek berbeda bagi setiap orang yang melihatnya.

Bila Anda belum yakin akun yang Anda ikuti membawa dampak baik atau buruk bagi mental, Weinstein mengusulkan untuk berhenti mengikutinya selama beberapa waktu. Bila kemudian Anda merindukan akun tersebut, Anda bisa mengikutinya kembali.

Menurut Weinstein, adalah bagian dari kesadaran diri ketika Anda berani meng-unfollow sebuah akun yang membuat Anda merasa tak bahagia.

2. Follow Akun Positif

Ikutilah akun-akun yang hanya akan membuat Anda bahagia. Anda bisa mengikuti akun yang terkait dengan hobi, seperti berkebun, seni, travelling, atau lainnya.

3. Ingatkan Diri

Tak semua yang disajikan seseorang dalam akun Instagramnya merupakan kenyataan karena berlaku filter atau penyaringan di sana.

Dengan kata lain, sebelum memposting gambaran dirinya, rata-rata pemilik akun memberlakukan penyaringan dan hanya membagikan versi terbaik dirinya.

Ingatkan diri Anda soal ini, apa yang ditampilkan belum tentu sesuai kenyataan. Studi yang dilakukan Weinstein menyebut, ketika Anda menyadari hal itu, emosi positif akan mengaliri Anda. Jangan membandingkan diri Anda dengan apa yang Anda lihat di Instagram demi kesehatan mental.

4. Terhubunglah

Sebuah penelitian yang dilakukan seorang asisten profesor psikologi di Maastricht University, Philippe Verduyn menemukan, hanya melihat foto orang lain di Instagram hanya akan membuat Anda merasa hidup mereka lebih baik.

Untuk mencegah dampak semacam itu, dia menyarankan Anda membagikan foto Anda sendiri. Atau, untuk menciptakan keterhubungan, cara lain dengan menyukai  atau mengomentari postingan mereka.

5. Cari Alasan

Profesor psikologi lain di University of Michigan, Oscar Ybarra mengingatkan pentingnya menganalisis alasan penting Anda membuka Instagram.

Oscar meyakini, bertanya berkali-kali kepada diri sendiri tentang alasan membuka akun tertentu akan meningkatkan kesadaran saat membuka Instagram.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar