Yamaha

Mengenal Sejarah Balai Kota Bandung yang Dulunya Gudang Kopi

  Kamis, 24 Januari 2019   Anya Dellanita
Balai Kota Bandung.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Kini, Balai Kota Bandung lebih dikenal dengan tamannya yang indah. Namun, tahukah kamu kalau dulunya gedung balai kota adalah gudang kopi?

Dulu, gedung Balai Kota Bandung terletak di Jalan Braga, tepatnya di bangunan yang sekarang menjadi Bank BJB Syariah.

AYO BACA : Menikmati Kopi Mulu, Satu-Satunya di Bandung

Menurut sejarawan senior Prof. Dr. A. Sobana Hardjasaputra, pindahnya lokasi gedung Balai Kota ini terjadi ketika Haminte (pemerintahan kotapraja pada masa pendudukan Belanda).

Sebelum menjadi balai kota, lahan di Wastukencana tersebut dimiliki oleh Andries de Wilde, seorang tuan tanah priangan keturunan Belanda. Lahan inilah yang digunakan sebagai gudang kopi miliknya.  

AYO BACA : 6 Kedai Kopi di Bandung yang Cocok Buat Menyepi

Gudang kopi ini diruntuhkan pada tahun 1927, bersamaan dengan itu, berdirilah kantor Wali Kota Bandung beserta beberapa taman di plazanya. Tahun 1980-an barulah dibangun gedung kembar tambahan di bagian kiri dan kanan ruang kerja wali kota.

Desain gedung ini dirancang oleh arsitek E.H. de Roo. Karena gedung ini dibangun untuk menjadi kantor Wali Kota, sejumlah bangunan pendukung lainnya seperti De Javasche Bank (sekarang Bank Indonesia), katedral, dan Gereja Bethel dibangun di sekitarnya.

Kini, Balai Kota Bandung terlihat makin cantik dengan adanya taman-taman tematik di sekitarnya, seperti Taman Dewi Sartika, Taman Badak, Taman Labirin, dan Taman Sejarah Bandung.

AYO BACA : Celestial Coffee Lembang: Tidak Puas, Kopi Kembali

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar