Yamaha Aerox

Komunitas Aleut: Masih Banyak Cagar Budaya Tak Terawat

  Selasa, 22 Januari 2019   Anya Dellanita
foto pribadi Ridwan Hutagalung

REGOL, AYOBANDUNG.COM—Situs bersejarah yang ada di kota Bandung dan sekitarnya itu banyak sekali, kategori A (kategori cagar budaya dengan kriteria tidak boleh dibongkar atau diubah) saja sudah berjumlah sekitar 200 tempat.

Sayangnya, banyak dari situs bersejarah tersebut kurang diperhatikan, sehingga membuat bangunan tersebut berpotensi hilang begitu saja.

Hal inilah yang menjadi salah satu perhatian Direktur Komunitas Aleut, Ridwan Hutagalung.

Menurutnya, semua situs bersejarah, termasuk golongan C, apalagi yang kondisinya tidak terawat, harus diperhatikan karena pasti semua bangunjan terseut punya latar cerita yang menarik.

“Saya gak bisa bilang mana yang paling butuh perhatian, semua situs sejarah sama kok. Semuanya punya cerita menarik masing-masing, hanya saja belum ketahuan,” ujar Ridwan saat ditemui di sekretariat Komunitas Aleut, Selasa, (22/1/2019)

Ia mengungkapkan kekhawatirannya akan potensi tidak terpecahkannya cerita beberapa situs sejarah karena hilang tak terawat. Saat ini cara untuk mempertahankan situs-situs beresejarah tersebut hanyalah dengan merawatnya sama-sama.

Selain mengungkapkan tentang kurang terawatnya situs bersejarah di Bandung, Ridwan juga memaparkan pendapatnya tentang batas maksimal alih fungsi dan renovasi situs bersejarah.

Menurutnya, alih fungsi pun tidak apa, asalkan jejak-jejak pentingnya masih tetap ada, contohnya arsitekturnya atau bahan yang digunakannya, minimal tampak mukanya mash terjaga. Jejak tersebut harus tetap ada, agar kita tetap bisa menelusuri hal-hal yang terjadi di masa lalu.

“Yang menjadi masalah adalah ketika semuanya hilang tanpa bekas,” tambahnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar