Yamaha

Rampungkan LRT, Pemprov Jabar Bakal Jalin Kerja Sama dengan Badan Usaha

  Selasa, 22 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Sekretaris Daerah Pemprov Jabar, Iwa Karniwa. (Nur Khansa/ayobandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Tim Akselerasi Pembangunan Provinsi Jawa Barat mengusulkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menggaet badan usaha dalam membantu pendanaan pembangunan delapan  proyek Light Rapid Transit (LRT) se-Bandung Raya. Hal ini menyusul mulai digalakkanya kembali pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang membutuhkan konektivitas ke sejumlah titik.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Pemprov Jabar, Iwa Karniwa, saat ditemui seusai rapat dengan sejumlah pemangku kepentingan terkait yang terlibat dalam pembangunan LRT dan kereta cepat di Gedung Sate, Selasa (22/1/2019). Dia mengatakan, skema pendanaan business to business (b2b) yang selama ini diperhitungkan, dinilai kurang efektif untuk diterapkan.

"Dari pertemuan tersebut, ada satu usulan dari berbagai studi yang menunjukkan bahwa konsep b2b ternyata enggak masuk dari sisi investasinya," ungkap Iwa.

Adapun konsep b2b secara garis besar menggambarkan situasi dimana suatu bisnis atau perusahaan melakukan transaksi komersial dengan bisnis lainnya. Tim TAP Jabar dan pemangku kepentingan terkait yang terlibat dalam rapat tersebut, termasuk direksi PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan Dinas Perhubungan, menganggap pola tersebut secara investasi kurang cocok untuk diterapkan pada proyek LRT.

Mereka menyarankan skema pendanaan yang berasal dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Skema ini diperlukan mengingat adanya keterbatasan APBD dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur umum.

"Ada saran dari Tim Akselerasi Pembangunan, Dirut PSBI dan Dishub, itu diusulkan pola kerjasama pemerintah dan badan usaha atau KPBU. Kalau hanya dari business to business enggak mungkin," ungkapnya.

Titik LRT yang termasuk ke dalam delapan titik pembangunan LRT Bandung Raya adalah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Sumedang.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar