Yamaha Aerox

Steve Jobs Termasuk 5 Orang Terkenal yang Pernah Miskin

  Selasa, 22 Januari 2019   M. Naufal Hafizh
Steve Jobs, salah satu dari lima orang terkenal yang pernah miskin versi Boldsky. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Keterbatasan tidak jarang membuat orang-orang miskin berpikir lebih untuk hidup dan memaknai hidup itu sendiri.

Tidak sedikit pula dari mereka sukses dan keluar dari lingkar kemiskinan, bahkan dikenal di dunia. Hal ini berkat kerja keras dan berpikir berbeda dari kebanyakan orang.

Berikut lima orang terkenal yang pernah miskin versi Boldsky.

Roman Abramovich

Dia adalah pemilik saham terbesar di Sibneft, salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, dan juga pemegang saham yang penting di RusAl, produsen aluminium terbesar kedua di dunia. Selain itu, dia adalah pemilik salah satu klub Liga Inggris, Chelsea FC.

Namun, ada kisah pilu di balik kesuksesannya kini. Dia yatim piatu saat berusia 4 tahun. Dia pernah mengalami berpakaian hanya dengan kain perca. Ibunya meninggal karena penyakit bakteremia, sedangkan ayahnya mengalami kecelakaan di proyek pembangunan. Dia dibesarkan pamannya dan dedeknya di Moskow. Di awal kariernya, dia pernah menjual saluran plastik dari apartemennya.

Pada tahun 2016, kekayaannya lebih dari US$11,2 miliar.

AYO BACA : 4 Zodiak Ini Punya Potensi Jadi Kaya Raya

Steve Jobs

Dia adalah anak adopsi dari pasangan buruh. Saat kuliah, Jobs sulit membayar biaya kuliah. Namun, lihat harta dan “warisannya” kini yang masih sangat dibutuhkan kebanyakan orang.

Di tahun 2011, menurut Forbes, kekayaan bersihnya mencapai US$8,3 miliar.

J.K. Rowling

Dia dikenal sebagai ratu novel fantasi karena menulis seri Harry Potter. Menurut Forbes, pada tahun 2017 kekayaan bersihnya mencapai US$95 juta.

Rowling dikenal sangat dermawan karena dia pernah mengalami masa yang melarat.

Saat itu, dirinya bercerai ketika putrinya masih sangat kecil. "Pernikahan yang sangat singkat berakhir, saya pengangguran, orang tua yang sendirian, dan juga semiskin-miskinnya orang miskin di Britania, meski bukan tunawisma," ucap Rowling saat di Harvard, seperti mengutip laman Forbes.

AYO BACA : Hasil Studi: Kekayaan Seseorang Tercermin dari Wajahnya

Ia bahkan menyebut dirinya sebagai orang paling gagal. Kondisi ini juga membuat Rowling depresi dan hampir bunuh diri. Sampai-sampai ia bilang bahwa hanya orang bodoh yang meromantisasi kemiskinan.

Kesuksesannya dalam menerbitkan Harry Potter juga tidak mulus. Rowling ditolak sebanyak 12 kali oleh penerbit, sampai akhirnya naskah itu diterima Bloomsbury pada 1997, dan langsung meledak menjadi sensasi sastra anak dan remaja dalam 10 tahun setelahnya.

Suze Orman

Sebelum Susan Lynn "Suze" Orman dikenal sebagai penulis, penasihat keuangan, pembicara motivasi, dan pembawa acara televisi yang sukses di CNBC, dirinya pernah mengalami masa sulit. Dia pernah tinggal di sebuah van di tahun 70-an karena miskin.

Hal itu menjadi pengalaman yang mengubah hidupnya dan membantunya menjadi guru pribadi yang terkenal.

Pada 2008, menurut The Young Turks, Orman memiliki kekayaan bersih sebesar US$10 juta.

Jim Morrison

Siapa yang menyangka vokalis dari The Doors ini pernah menjadi pria tunawisma dan tidur di mana saja. Lelaki yang memiliki bakat dalam puisi dan bernyanyi ini menjadikan The Doors menjadi salah satu kelompok musik terbesar dalam dunia rock and roll. Tidak hanya itu, menurut majalah Rolling Stone, Jim Morrisson termasuk ke dalam 100 penyanyi terbesar sepanjang masa.

Sayangnya, dia mati muda saat berusia 27 tahun.

AYO BACA : Heran, Negara Ini Kaya Tapi Hobi Bersedih

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar