Yamaha Aerox

Ini Cara Maudy Ayunda Hadapi Quarter Life Crisis

  Minggu, 20 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Artis Maudy Ayunda saat di Cihampelas Walk, Minggu (20/1/2019).(Khansa/ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Fase galau seputar kehidupan dewasa muda yang tengah berada di usia 25 tahun ke atas alias quarter life crisis adalah hal yang belakangan ini banyak dibicarakan terutama di media sosial. Fase tersebut umumnya muncul saat seseroang telah menyelesaikan fase sekolah atau kuliahnya, dan mulai harus berpikir soal pekerjaan pertamanya.

Momen-momen kehilangan rutinitas, teman-teman, hingga rasa bingung soal cita-cita kerap menghinggapi seseorang di usia ini. Kegalauan ini bisa melanda siapa saja, termasuk orang-orang yang dianggap sukses oleh masyarakat seperti para public figure. Tak terkecuali musisi dan aktris kenamaan tanah air, Maudy Ayunda.

Menurutnya, kehilangan rutinitas sekaligus munculnya beban tanggung jawab dengan mengemban titel sebagai 'orang dewasa' untuk pertama kalinya menjadi hal yang memicu munculnya rasa galau tersebut. 

"Teori aku sih, hal ini terjadi karena di fase tersebut seseroang tercabut dari struktur sekolah, kuliah, dan rutinitas yang memberi tahu dia hari ini harus melakukan apa. Sekarang hal yang kita lalukan ya terserah kita, sementara kita belum tahu apa yang harus dilakukan," ungkapnya ketika mengisi acara Kreatif Pasti Sukses yang diselenggarakan Standart Pen di Cihampelas Walk, Minggu (20/1/2019).

Menurutnya, salah satu hal yang berhasil membantunya menghadapi hal tersebut adalah justru dengan menyadari perasaan-perasaan gundah yang muncul dan tidak berusaha berpura-pura bahagia.

"Coba mengerti perasaan-perasaan yang aku miliki, apakah ini ketidakpercayadirian, apakah ini stress, keraguan, atau lainnya. Semuanya benar-benar aku coba pahami dan tidak ditampik. Be nice to yourself dan yakinkan diri bahwa semua orang punya proses dan cara yang berbeda untuk sampai ke titik sukses," pungkasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar