Yamaha NMax

LPPM ITB Pamerkan 475 Produk Penelitian

  Jumat, 18 Januari 2019   Fathia Uqimul Haq
Sejumlah pengunjung melihat hasil penelitian dari LPPM ITB di Pameran Poster dan Produk Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi, Jumat (18/1/2019). (Fathia Uqimul Haq/Ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITB memamerkan 475 produk dan 85 poster dalam Pameran Poster dan Produk Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi, Jumat (18/1/2019).

Dalam kegiatan tersebut ditampilkan hasil–hasil dari 85 judul penelitian yang didanai melalui Program Riset ITB 2018, 61 judul kegiatan pengabdian kepada masyarakat, serta 7 judul kegiatan Program Riset Unggulan Pusat Penelitian yang ditampilkan dalam bentuk Pameran Poster dan produk.

AYO BACA : Wisokto ITB 2018, Bukan Sekadar Syukuran Wisuda

Produk tersebut merupakan hasil penelitian yang telah dikerjakan selama satu tahun ke belakang sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat. Hasil riset yang berupa publikasi, prototipe, bahkan produk yang sudah diproduksi untuk publik itu dipamerkan di Aula Timur dan Aula Barat ITB.

Pameran di Aula Timur menunjukkan berbagai hasil riset unggulan dari 7 unit. Seperti dari pusat penelitian teknologi informasi dan komunikasi,  infrastruktur dan kewilayahan, energi terbarukan, produk budaya dan lingkungan, bio sains dan teknologi, dan nano sains dan teknologi. Sebagian besar ke ranah publikasi dan produk yang digunakan langsung di masyarakat.

AYO BACA : Salsabilla, Tunarungu dari ITB yang Buat Komik Sendiri

"Kalau pameran di Aula Barat gabungan dari publikasi, produk paten yang masih di laboratorium atau prototipe, atau bentuk produk yang diproduksi. Bidang pangan obat-obatan juga ada, hingga penemuan paleontology," kata Sekretaris LPPM ITB, Sugeng Joko Sarwono.

Pameran tahun ini tidak terlalu jauh beda dari sisi bidang lantaran pertumbuhan bidang baru di ITB tidak besar secara spesifik. Namun, pameran saat ini merupakan  pendalaman terkait riset dan temuan yang sudah diperoleh dan beberapa hasil baru.

"Kita berharap produk ini bisa memecahkan persoalan di masyarakat dan kemitraan kami dengan Pemda sebagai stakeholder kepada perusahaan, industri swasta, BUMN bisa memanfaaatkan," ujarnya.

ITB telah menganggarkan dana untuk kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan inovasi sejak beberapa tahun yang lalu. Namun jumlah dana yang dianggarkan  masih belum memadai untuk mencapai target KPI ITB. Dengan demikian, ITB mengeluarkan program riset baru yaitu Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi ITB (P3MI-ITB) pada tahun 2017.

Program ini dimaksudkan untuk mendukung penguatan dan peningkatan kinerja penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan inovasi sebagai ujung tombak peningkatan produktifitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi ITB. Serta membangun atmosfir riset yang baik dan budaya penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi yang kokoh di tingkat Kelompok Keahlian dalam mewujudkan ITB entrepreneurial university terpandang di Asia.

AYO BACA : Mahasiswa ITB Raih Penghargaan di E2Festa Korea

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar