Yamaha NMax

Panglima TNI: Di Masa Mendatang, Perang Bisa Digantikan Robot

  Jumat, 18 Januari 2019   Mildan Abdalloh
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjono. ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MARGAHAYU, AYOBANDUNG.COM-- Perkembangan teknologi yang semakin pesat bukan saja dirasakan oleh masyarakat sipil, tapi juga oleh dunia militer.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjono mengatakan perkembangan teknologi bukan hanya mengubah kehidupan sehari-hari, tapi juga terhadap perkembangan militer.

"Teknologi mengubah metode perang di masa depan," tuturnya saat memimpin Apel Khusus di Markas Korps Pasukan Khas (Korppaskhas) TNI Angkatan Udara, Margahayu, Kabupaten Bandung, Jumat (18/1/2019).

Dengan perkembangan teknologi dalam militer, bukan hal yang tidak mungkin, di masa mendatang tentara tidak berperang secara langsung, melainkan menggunakan robot-robot.

"Kita bisa saja bertempur melawan robot drone atau senjata tanpa awak lainnya," ujarnya.

Saat ini, teknologi pesawat tanpa awak telah banyak dipakai oleh militer. Ke depan, bukan hanya pesawat tanpa awak yang banyak diproduksi, melainkan robot-robot lainnya bisa saja digunakan dalam perang.

"Kita perlu menyesuaikan doktrin taktik dan cara bertempur kita," katanya.

Dengan perkembangan teknologi, pasukan TNI harus mampu menghadapinya. Panglima TNI meminta kepada seluruh prajurit untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Teknologi berkembang sangat pesat dan membawa berbagai perubahan, ancaman yang dihasilkan menjadi semakin kompleks dan sulit diprediksi tanpa adanya kesiapan dan kewaspadaan," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar