Yamaha

Manfaat Memelihara Hewan bagi Kesehatan

  Kamis, 17 Januari 2019   Anya Dellanita
Ilustrasi hewan piaraan. (pinterest)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Saat ini semakin banyak orang yang memelihara hewan karena dianggap menggemaskan dan bisa menjadi teman bermain yang asyik. Namun, tidak banyak yang tahu di balik muka menggemaskannya, hewan peliharaan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan pemiliknya.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam situs MDPI Journal menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan di Australia dan Jerman cenderung lebih jarang mengunjungi dokter dibanding yang tidak memiliki hewan peliharaan di rumahnya.

AYO BACA : Hari Kucing Sedunia, Ini Cerita Para Pencinta Kucing

Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang membaik akibat terjalinnya ikatan emosional antara si pemilik dan hewan peliharaannya. Tingginya ikatan emosional ini dapat membuat pemilik lebih banyak menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan kesayangannya.

Dilansir dari Inverse, Kamis (17/1/2019), peneliti juga menemukan bahwa memelihara hewan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, mencegah stres, dan dapat meningkatkan aktivitas fisik. Ditemani hewan peliharaan saat sedang stres membuat tekanan darah turun. Sebaliknya, produksi hormon beta-endorphin (hormon penghilang rasa sakit) meningkat.

AYO BACA : Menyayangi Kucing Tanpa Memeliharanya

Bermain bersama hewan seperti mengajaknya jalan-jalan juga dapat meningkatkan aktivtas fisik. Hal ini membuktikan bahwa secara tidak langsung, hewan peliharaan ikut berkontribusi dalam menyehatkan tubuh pemiliknya.

Ikatan yang terjalin antara pemilik dan peliharaannya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan pemilik hewan saja, tapi juga terhadap hubungan sosial antarmanusia.

Interaksi sosial dengan sesama manusia ini dapat terjalin saat mengikuti kegiatan yang melibatkan hewan peliharaan. Contohnya saat bertemu sesama pemilik anjing saat mengajak peliharaan kita untuk jalan-jalan sore.

AYO BACA : Kucing Ini Tak Sengaja Terkirim Lewat Paket Sejauh 1.200 Km

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar