Yamaha Lexi

Komunitas 24Ours Gaet Anak-anak yang Mengidap Kanker

  Senin, 14 Januari 2019   Adi Ginanjar Maulana
Komunitas 24Ours Gaet Anak-anak yang Mengidap Kanker

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Anak-anak sangat identik dengan keceriaan, keriangan, dan kesenangan. Ekspresi dan kreasi yang tercipta spontan namun tulus selalu ditunggu oleh siapa saja yang melihatnya.

Tumbuh dan kembang anak juga tentu tidak ingin dilewatkan, khususnya oleh orang tua yang menaruh harapan besar kepada sang buah hati.

Namun, suka cita yang seolah tanpa beban tersebut tidak dirasakan semua anak-anak. Ada beberapa dari mereka yang harus berjuang melawan rasa sakit tetapi selalu bersyukur dengan anugerah waktu yang diberikan tuhan kepada mereka, salah satunya penyintas kanker anak.

Rasa sakit tidak membuat mereka berhenti untuk tetap bahagia.

Data WHO menujukkan, kanker pada anak meningkat setiap tahunnya di dunia, termasuk di Indonesia.

AYO BACA : Kenali Kanker Payudara Sejak Dini

Menurut Kementerian Kesehatan, kanker darah dan kanker mata merupakan jenis kanker yang paling banyak menyerang anak di Indonesia.

Kondisi anak-anak yang masih rentan membuat penyebaran kanker pada anak relatif cepat sehingga terlambat dideteksi.

Kondisi ini terkadang membuat orang tua penyintas kanker tidak siap dan berpengaruh pada mental anak.

Hal itu yang memotivasi Komunitas 24Ours. Komunitas ini bercita-cita mengubah cara pandang orang-orang terhadap penyintas kanker.

Tahun ini, Komunitas 24Ours memiliki tujuan untuk berbagi bersama Anak dengan Kanker (ADK) yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin Bandung.

AYO BACA : Cara Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Payudara

RSHS menjadi salah satu pusat perawatan ADK di Bandung yang merawat berbagai penyintas kanker dari seluruh wilayah di Jawa Barat.

Selain itu, ADK dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) juga turut bergabung dalam acara ini. Tema yang diusung Komunitas 24Ours tahun ini adalah 2 Hours 4 a Happy Life dan slogan Priceless Moment, Timeless Present.

Makna tema dan slogan acara tahun ini adalah memberikan hiburan dan semangat dengan waktu selama dua jam, namun memberikan kesan yang sangat mendalam selamanya, tidak hanya bagi ADK, tetapi juga anggota Komunitas 24Ours.  

Acara inspiratif ini dilaksanakan pada Sabtu (12/1/2019) dari pukul 10.00 WIB dan berakhir pada 12.00 WIB. Bertempat di lapangan RSHS Bandung, bersama 21 ADK Komunitas 24Ours bermain bersama, bercerita, dan berbagi kebahagiaan agar mereka dapat melupakan sejenak sakit yang dirasakan.

Kegiatan dimulai dengan dongeng interaktif. Setelah itu, acara berlanjut dengan membagi para ADK yang terdiri atas balita hingga remaja ke dalam tiga kelompok. Kemudian, masing-masing kelompok harus saling bekerja sama untuk menyelesaikan tantangan dalam permainan edukatif pada tiga pos yang berbeda.

Setiap pos memiliki keunikan dan keseruannya masing-masing. Pada akhir sesi, ADK berkumpul kembali untuk menggambar bersama-sama pada media layang-layang. Para ADK diberikan tema menggambar sebuah harapan tentang masa depan. Sedangkan media layang-layang dipilih agar ADK mampu memiliki cita-cita setinggi langit dan dapat mereka wujudkan dengan rasa optimistis.

Harapan terbesar dari penyelenggaraan acara ini, menurut Panji Krisna selaku ketua panitia, adalah semua orang mampu menghargai waktu yang diberikan tuhan dan tidak menunda kesempatan yang diberikan walaupun hanya satu detik.

Rencana ke depan, Komunitas 24Ours akan terus memberikan pengaruh positif bagi masyarakat untuk mau berbagi dengan anak-anak yang hidupnya memiliki keterbatasan namun masih bersemangat meraih cita dan mimpi masa depan.

AYO BACA : Sutopo Inspirator Terbaik 2018 Penyintas Kanker Paru Indonesia

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar