Yamaha NMax

5 Tempat Ngopi Sambil Baca Buku di Bandung

  Senin, 14 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Kineriku

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM---Di era awal 2000-an, konsep cafe library sempat menjadi salah satu hal yang banyak digandrungi di Kota Kembang, terutama di kalangan mahasiswa dan anak muda.

Kafe yang menyediakan aneka kopi-teh-cokelat dilengkapi dengan perpustakaan, aneka kegiatan komunitas hingga penampilan musik akustik pernah menjadi primadona.

Sebut saja Potluck atau Reading Lights, keduanya adalah tempat kongkow ter-hits pada masanya--yang saat ini sayangnya sudah tidak lagi beroperasi.

Untuk mengobati kerindungan warga Bandung yang ingin kembali menikmati secangkir kopi sembari membaca buku favorit, Ayobandung.com merangkum empat kafe dengan konsep perpustakaan yang kini tengah cukup banyak digemari :

1. Cokotetra Dago

Kedai mungil ini terletak di kawasan Dago, Jalan Ir H Juanda, tepatnya di seberang Masjid Al-Ikhsan dan SMP Darul Hikam. Cokotertra cukup mudah ditemui, ciri khasnya adalah kanopi hijau bertuliskan "Drinks and Library".

Cokotetra sendiri merupakan singkatan dari Cokelat, Kopi, Teh, dan Sastra. Di sini, Anda dapat memesan aneka menu cokelat, kopi, teh, dan makanan hingga camilan. Aneka cake dan mille crepe juga tersedia. Buku-buku yang dipinjamkan pun cukup beragam, mulai dari sastra Indonesia dan mancanegara, psikologi populer, hingga ekonomi. Tempatnya dapat menampung hingga 20-an orang. Suasananya cukup nyaman dan temaram. Sayangnya, tempat parkir yang tersedia sangat terbatas. Cokotetra tutup tiap Kamis.

2. Zero Hour Coffee

Perpustakaan dan tempat ngopi ini sudah cukup lama beroperasi, kurang lebih sejak awal 2000-an dengan nama "Comic Corner".  Seiring berjalannya waktu, namanya berganti menjad Zoe Library. Kini, ada kedai kopi khusus yang dibuat terpisah dengan area baca, yakni Zero Hour.

Di kedai kopinya tersebut Anda tentunya dapat memesan aneka kopi, juga beragam cemilan dan makanan berat seperti rice bowl. Zero Hour beroperasi mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam setiap harinya. Letaknya berada di Jalan Pager Gunung Nomor 3, masih terletak di bilangan Dipatiukur. 

3. Kineruku

Tempat ini bisa dibilang merupakan kafe berbentuk perpustakaan yang paling digemari di Kota Bandung saat ini. Hal tersebut nampak dari tempatnya yang kerap penuh terutama di akhir pekan. Banyak muda-mudi datang ke tempat dengan suasana homy dengan kebun hijau tersebut untuk membaca buku sembari ngopi, ngobrol, ataupun mengerjakan tugas. Namun, bagi Anda yang ingin menyelesaikan pekerjaan dengan mengandalkan WiFi, Kineruku bukanlah tempat yang tepat. Pasalnya, tempat ini tidak menyediakan WiFi.

Koleksi buku yang tersedia sangat beragam, meliputi dari sastra, sejarah, filsafat, seni, komunikasi, budaya pop, psikologi, musik, dan sebagainya. Tak hanya berbahasa Indonesia, beberapa buku dalam bahasa Inggris pun tersedia. Kineruku juga menyediakan rak khusus untuk buku-buku yang dijual, terutama yang berasal dari penerbit-penerbit lokal. Bahkan, sejumlah merchandise berbagai band seperti tas, kaus, rilisan fisik (kaset, vinyl, cd) juga tersedia. Sejumlah menu makanan dan minuman andalan khas Kineruku juga dapat Anda coba sebagai teman membaca buku. 

4. Litte Wings

Tempat ini tak hanya menyediakan buku dan kudapan serta minuman yang cocok untuk nongkrong berlama-lama, namun juga suasana vintage unik yang cocok untuk berfoto. Interiornya yang didominasi perabotan 'jadul' yang manis menjadi nilai plus tempat yang terletak di bilangan Cigadung Raya ini.

Menu makanan yang tersedia adalah perpaduan makanan western dan makanan lokal hingga jajanan tradisional seperti cireng. Sejumlah novel, komik, hingga aneka majalah impor tersedia di kafe ini untuk dibaca. Little Wings buka dari pukul 12 siang hingga 11 malam.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar