Yamaha NMax

Pemkab Bandung Beri Bantuan untuk Korban Puting Beliung Rancaekek

  Sabtu, 12 Januari 2019   Faqih Rohman
Bupati Bandung Dadang Naser menyalurkan bantuan kepada korban terdampak angin puting beliung di sebagian Kecamatan Rancaekek, Sabtu (12/1/2019). (Humas Pemkab Bandung)

RANCAEKEK, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kabupaten Bandung telah menyalurkan bantuan kepada korban terdampak angin puting beliung di sebagian Kecamatan Rancaekek, Sabtu (12/1/2019). Untuk kerusakan di Rancaekek Permai 2, Pemkab Bandung akan memanggil pengembang.

Bupati Bandung, Dadang M Naser menyebutkan akibat bencana yang terjadi pada kemarin sore, sedikitnya 640 rumah yang dihuni oleh 1.038 jiwa tertimpa bencana ini, lalu 189 rumah mengalami rusak ringan dan empat lainnya rusak berat.

Untuk bantuan keperluan sehari-hari seperti makanan, minuman, dan air bersih sudah disalurkan melalui posko dapur umum sejak kemarin malam. Sedangkan bantuan material bangunan akan diberikan kepada penduduk non-komplek perumahan dan sarana ibadah. 

"Bantuan material bangunan penduduk dan mesjid kita bantu, untuk yang di desa non-komplek," ujarnya usai meninjau lokasi bencana, Sabtu (12/1/2019).

Menurutnya, komplek perumahan tersebut masih dalam pemeliharaan pengembangan BTN. Dengan begitu, pihaknya akan segera memanggil pengembang sehingga percepatan perbaikan bisa segera dilakukan. 

"Kita akan koordinaskan terlebih dahulu dengan pihak pengembang," katanya. 

Terkait banjir yang melanda lokasi terjangan angin dan Rancaekek, Dadang persoalan tersebut telah ditangani oleh BBWS dengan pelurusan dan pengerukan Sungai Cikijing dengan pembuatan embung atau danau kecil. 

"Semoga banjir yang melanda Rancakek bisa segera teratasi. Ini harus ada kolaborasi antara pengembang dan berbagai pihak untuk mengatasinya," sebutnya. 

Sementara itu, Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan mejelaskan petugas gabungan telah diturunkan untuk membantu warga membersihkan puing-puing bangunan akita terjangan angin puting beliung. Disebutkannya Polres Bandung telah menurunkan sebanyak satu SSK, dibantu dua SSK dari Brimob. 

"Personil gabungan terdiri dari TNI, Polres, Brimod. Ada juga dari dinkes, dinsos, Tagana BPBD, dan sebagainya. Yang terpenting sekarang kami akan membantu mengamankan barang-barang milik warga yang rumahnya rusak serta membantu warga bersihkan puing," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar