Yamaha NMax

Sudahkan Anda Berpelukan Hari Ini?

  Sabtu, 12 Januari 2019   Erika Lia
Ilustrasi. (pixabay).

LEBGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sejumlah ilmuwan menyebut berpelukan memiliki pengaruh untuk kesehatan. Bagaimana tidak, secara umum, berpelukan sebenarnya menimbulkan efek yang menenangkan.

Aktivitas ini sedianya bisa dilakukan dengan siapapun, baik orang tua, pasangan, anak, sahabat maupun lainnya, yang memiliki kedekatan emosional dengan Anda. Berpelukan pun bisa dilakukan dalam beragam situasi emosional.

Disarikan dari healthline.com, ini dia manfaat berpelukan:

1.      Mengurangi Stres 

Saat orangyang kita sayangi mengalami hari yang tak menyenangkan, kita bisa menunjukkan dukungan dengan memeluknya. Sentuhan berupa pelukan diyakini para ilmuwan dapat mengurangi stres.

Ketika berpelukan, stres yang mereda tak hanya dirasakan orang yang kita peluk lho. Kita yang memeluknya pun merasakan efek yang salindungi dari penyakit.

2. Melindungi dari Penyakit

Tak hanya meredakan stres, para ilmuwan juga meyakini berpelukan dapat menjauhkan kita dari kemungkinan penyakit. Kondisi itu dikaitkan dengan makna pelukan sebagai bentuk dukungan.

Seseorang yang memperoleh dukungan lebih besar, dimungkinan lebih sehat dibanding mereka yang memiliki dukungan lebih kecil.

3.      Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi mempertemukan dua kelompok pasangan, kelompok dengan pasangan yang melakukan kontak fisik dengan berpegangan tangan maupun pelukan, dan kelompok dengan pasangan yang duduk diam selama 10-20 menit.

Hasilnya, kelompok pasangan pertama diketahui mengalami penurunan lebih besar pada tingkat tekanan darah dan detak jantung, dibanding kelompok pasangan kedua.

4.      Membahagiakan

Saat berpelukan, kadar oksitosin atau zat kimia dalam tubuh yang kerap pula disebut hormon cinta, meningkat. Oksitosin menyebabkan penurunan tekanan darah dan hormon stres norepinefrin.

5.      Membantu mengurangi ketakutan

Para ilmuwan menemukan, sentuhan dapat mengurangi kecemasan.

6.      Mengurangi rasa sakit

Penelitian menunjukkan beberapa bentuk sentuhan, salah satunya pelukan, mungkin mampu mengurangi rasa sakit.

7.      Membantu komunikasi

Sebagian besar komunikasi manusia terjadi secara verbal atau melalui ekspresi wajah. Namun, sentuhan merupakan cara penting dalam mengirim pesan (komunikasi).

Memeluk dalam hal ini adalah jenis sentuhan yang sangat nyaman dan komunikatif.

Jadi, sudahkah Anda memeluk seseorang hari ini? Tapi awas, jangan memeluk sembarangan ya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar