Yamaha NMax

Lika Liku Bisnis Aksesori dari Tepung Ketan

  Sabtu, 12 Januari 2019   Fathia Uqimul Haq
Macam-macam aksesoris dari tepung ketan yang dibuat oleh Enyas Sofia. (Fathia Uqim/Ayobandung).

UJUNGBERUNG, AYOBANDUNG.COM--Bisnis tak akan selamanya mulus. Begitu pun yang dirasakan Enyas Sofia (49). Sosok yang awalnya membuat glass painting untuk hiasan atau pajangan, sebelum sukses membuat aksesori dari tepung ketan. 

Glass painting adalah hiasan dari limbah botol bekas dan cat warna yang dipesan dari luar negeri. Saat menjual barang tersebut, Sofia ternyata mendapatkan keluhan dari teman-teman arisannya. 

"Kalau arisan biasanya diminta bawa dagangan biar ramai aja. Karena saya bawa glass painting terus, temen-temen komplain, bosan katanya. Mendingan yang bisa dipakai aja," ujarnya, Sabtu (12/1/2019).

Karena dorongan teman-temannya, pada 2007 dia membuat aksesori dari bebatuan. Sampai pada 2010, dia tergerak untuk berinovasi membuat aksesori dari tepung ketan supaya lebih unik, berbeda dari yang lain, dan punya nilai jual tinggi. 

Hal itu terus dilakukan sebagai spirit seorang pengusaha. Karena ketekunannya, dia pun bisa mempekerjakan tiga orang untuk membantu pembuatan aksesori di rumah. 

Selain membuat sendiri, Sofia telah banyak diundang ke berbagai workshop pembuatan aksesori dari tepung ketan. Berbagi ilmu kepada orang lain menjadi jembatan untuk memberikan kesempatan dan relasi baru dalam dunia UMKM. 

Tidak hanya menjadi pembicara di sebuah workshop, di pun diundang kala pameran bersama di pertemuan DPRD Jabar, Dharma Wanita Kota Bandung dan Provinsi Jabar, dan lain-lain. Segala pameran selalu ia ikuti untuk melebarkan sayap label Sofia Handycraft hingga ikut pameran di Ibu kota.

Namun, perjalanan menjadi seorang mentor nyatanya tidak semudah itu. Dia pernah mengalami berbagai kendala, tetapi Sofia mampu menyelesaikannya.

Sofia Handycraft, merek dagang milik Sofia, telah didaftarkan ke Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) untuk mematenkan hasil karyanya. Dengan begitu, pembeli dapat mengetahui karya Sofia Handycraft jika berkunjung ke berbagai gerai. 

Untuk membeli hasil karya aksesori dari tepung ketan itu, pembeli bisa menemukannya di butik Alisha, De Mos, Butik Sanusa, dan instagram @sofia_handycraft. Di sana pelanggan bisa membeli aksesori mulai dari cincin, gelang, kalung, dan sorodot cinta yakni hiasan untuk hijab dan syal, yang jadi penjualan terbanyak selama ini. 

"Kalau mau berusaha, upayakan yang unik dan berbeda dari orang lain. Jangan lupa harus ikuti sesuai passion supaya nyaman menjalankannya," pesan ibu empat anak itu.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar