Yamaha Aerox

Renovasi Masjid Lautze 2 Ditargetkan Rampung Januari

  Sabtu, 12 Januari 2019   Fathia Uqimul Haq
Masjid Lautze 2. (Fathia Uqimul Haq/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Masjid Lautze 2 yang berlokasi di Jalan Tamblong, Braga tengah direnovasi dalam rangka perluasan masjid. Tempat ibadah yang hanya berkapasitas 70 orang itu menargetkan bulan Januari telah rampung untuk membiayai pembebasan gedung.

"Alhamdulillah wakaf perluasan masjid bulan ini segera lunas, sekarang sedang dicat," kata Ketua DKM Masjid Lautze, Rahmat Nugraha, Jumat (11/1/2019).

Masjid tertua yang dibangun muslim Tionghoa di Bandung ini dikenal dengan tempat yang berada di deretan ruko. Sehingga masjid ini dapat dikatakan lebih kecil dari masjid biasanya. Namun, ketika Salat Jumat digelar, jamaah bisa mencapai 500-600 orang.

AYO BACA : Denyut Syiar Islam di Masjid Lautze II

"Setiap minggu jadi kami harus sewa tenda dan menutup Jalan Tamblong," ujarnya.

Biaya operasional tersebut didapatkan dari kencleng jamaah yang dikumpulkan setiap Salat Jumat. Hasil uang kencleng pun dibagi dua yaitu 50% untuk biaya operasional masjid dan 50% untuk pembangunan perluasan Masjid Lautze 2.

Setiap minggunya, pendapatan dari kencleng berada di kisaran Rp3,5 juta sampai Rp4 juta. Namun, berbeda untuk hari ini. Pasalnya Masjid Lautze kedatangan Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana untuk menunaikan Salat Jumat di sana.

AYO BACA : Imlek, Dua Mualaf Ucapkan Syahadat di Masjid Lautze

"Koko Oded sebagai khatib, alhamdulillah tadi kencleng sampai Rp5 juta, kemungkinan memang jamaah bertambah," kata dia.

Pembebasan wakaf gedung sebelah  bisa digunakan. Akan tetapi, ruangan sebelah tersebut masih dalam tahap renovasi. Gedung sebelah telah difungsikan normal ketika ada Salat Jumat atau salat 5 waktu saat ruang utama telah penuh.

Masjid yang didirikan Januari 1997 ini sebentar lagi akan menjadi lebih luas. Karena dinding yang menyekat antara bangunan masjid lama dengan bangunan baru di sebelahnya akan dihancurkan sebagian. Mengingat ada tangga ke lantai dua menuju ruangan lain milik orang lain.

"Di sini pemilik bangunan lantai bawah dan atas itu berbeda. Kalau berharap di atas bisa jadi milik kami tentu ya, tapi sekarang kita fokus untuk pelebaran gedung wakaf sebelah," tuturnya.

Nantinya, kapasitas jamaah yang dapat masuk ke Masjid Lautze bisa dua kali lipat dari sebelumnya. Biasanya masjid yang bernuansa oriental itu menampung 70 jamaah. Ke depan Masjid Lautze bisa menampung hingga 140 orang.

AYO BACA : Cerita Masjid Lautze Bandung & Budaya Imlek

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar