Yamaha Aerox

Angin Puting Beliung Terjang Rancaekek, Ini Penjelasan BMKG

  Jumat, 11 Januari 2019   Faqih Rohman
BMKG. ([email protected])

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Bandung Timur sore ini, Jumat (11/1/2019). Hujan pun terkategori hujan dengan intensitas lebat.

Kepala BMKG Kota Bandung, Agus Tony Wijaya mengatakan hujan lebat yang terjadi sekitar pukul 15.10 WIB diakibatkan karena adanya pembentukan awan comulonimbus di sekitar wilayah Bandung Timur. Selain itu, dipicu juga dengan adanya pertemuan massa udara di sekitat Jabar dan belokan angin di bagian tengah.

AYO BACA : Angin Puting Beliung Sapu Rancaekek, Begini Kesaksian Warga

Faktor utamanya karena awan cumuloninbus. Serta terdapat juga anomali suhu di permukaan laut Jabar yang berpeluang terjadinya awan konvektif, ujarnya melalui pesan singkat, Jumat (11/1/2019).

Dia menyebutkan berdasarkan laporan dari pos pengukuran hujan di Cileunyi, curah hujan tercatat 16mm. Sehingga masuk dalam kategori curah hujan dengan intensitas lebat.

AYO BACA : Puting Beliung Terjang Rancaekek

Kategori hujan sedang-lebat, kurang dari satu jam curah hujan tercatat 16mm. Dan untuk ketinggan awan bisa mencapai 14 km sekitar pukul 15.12 WIB, katanya.

Sementara itu, suhu dipermukaan sebelum terjadinya hujan mencapai 29,3 derajat celcius dengan kelembapan udara sekitar 59%. Sedangkan ketika terjadinya pembentukan awan cumulonimbus suhu udara menurun dan kelembapan udara naik.

Di siang hari menjelang sore sekitar pukul 15.00 WIB suhu tercatat 27,0 derajat celcius dan kelembapan udara sekitar 67%, pungkasnya.

AYO BACA : Kabupaten Karawang Diterjang Puting Beliung, 31 Rumah Rusak

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar