Yamaha Lexi

Angin Puting Beliung Sapu Rancaekek, Begini Kesaksian Warga

  Jumat, 11 Januari 2019   Mildan Abdalloh
(Attia/Ayobandung.com)

RANCAEKEK, AYOBANDUNG.COM--Angin puting beliung menyapu Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) sore. Salah satu kawasan yang disapu oleh angin puting beliung adalah Perumahan Rancaekek Permai II, desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek.

Sapuan angin puting beliung disaksikan oleh Yeti Yumyeti (51) salah seorang warga Blok D Perumahan Rancaekek Permai II. Menurutnya, pusaran angin mulai terlihat pukul 15.00 WIB, angin bergerak dari arah barat menuju selatan komplek tersebut.

"Awalnya awan terlihat gelap, kemudian terlihat angin yang memutar. Sebelumnya memang angin sudah kencang," tutur Yeti.

AYO BACA : Puting Beliung Terjang Rancaekek

Pusaran angin menyapu apa saja yang dilewati, baik rumah maupun pepohonan. "Saya lihat banyak genteng yang beterbangan," ungkapnya.

Bersamaan dengan sapuan angin puting beliung, listrik di perumahan tersebut mendadak padam. "Kejadiannya paling 5 menit. Setelah itu anginnya hilang dan kemudian hujan besar turun," ungkapnya.

Walaupun tidak berlangsung lama, namun kerusakan terjadi di Komplek Rancaekek Permai III. "Perumahan ini ada empat blok, saya lihat sebagian besar rusak. Kebanyakan genteng, asbes dan kanopinya pada terbang. Selain rumah, masjid Al di Blok C Ikhlas dan satu lagi masjid di Blok B juga rusak diterjang angin. Tapi Alhamdulilah rumah saya dan sebagian kecil rumah lainnya diperumahan ini selamat," ujarnya.

AYO BACA : Ini Jurus Pemprov Tangani Banjir di Rancaekek

Yeti melanjutkan, selain di perumahan yang dihuninya, angin puting beliung juga menyapu perumahan Al Hamim yang tak jauh dari tempatnya tinggal. Dari kejauhan terlihat atap rumah disana rusak. 

"Sekarang kami sedang membereskan dan berusaha memasang kembali genteng dan asbes yang berterbangan. Soalnya ini sudah mau malam, kalau dibiarkan warga mau tidur dimana, apalagi sekarang hujan mulai turun lagi. Di blok B juga kasihan ada yang mau hajatan panggungnya terbawa angin, sate yang sudah disiapkan untuk tamu juga rusak semuanya,"katanya.

Humas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan sampai sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Luka-luka ada, satu orang dibawa ke Puskesmas. Ada juga yang dilakukan treatment di rumah masing-masing," ujarnya.

Saat ini, pihaknya bersama TNI dan Polri masih melakukan assasement di lapangan.

AYO BACA : Banjir, Jalan Rancaekek Lumpuh Total

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar