Yamaha NMax

Pemkot Bandung Akan Rekayasa Jalan di Kawasan Antapani dan Sukajadi

  Jumat, 11 Januari 2019   Fathia Uqimul Haq
Wakil Wali Kota Yana Mulyana tengah menerangkan soal rekayasa jalan saat ditemui di Hotel Crowne Plaza, Jumat (11/1/2019). (Fathia Uqimul Haq/ayobandung.com).

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengungkapkan Pemkot Bandung akan melakukan rekayasa di dua jalan yakni wilayah Antapani dan Sukajadi. 

Dari hasil kajiannya bersama Polrestabes Bandung, Polda Jabar,  Dinas Perhubungan Kota Bandung dan Provinsi Jabar, dan Satpol PP, ada satu koridor yang dibuat satu arah di Jalan Golf barat. 

"Jadi dari arah Arcamanik Endah nanti ke arah Jalan Jakarta, itu di Puri Dago belok ke kiri,  terus muter, (ketika) keluar itu relatif sudah ada di belah median jadi sudah agak besar.  Memang enggak menyelesaikan Golf barat sampai Arcamanik Endah, tapi mudah-mudahan dengan begitu kita sudah agak mengurai," katanya,  Jumat (11/1/2019).

Pemkot Bandung pun akan menutup belokan ke arah Jalan Purwakarta dari Jalan Jakarta mengingat titik tersebut padat dan jadi area penyebrangan yang membuat macet. 

AYO BACA : Jelang Pesta Demokrasi, Yana Ajak Masyarakat Tabayun Kelola Informasi

"Di situ kan ada pom bensin suka jadi titik crossing. Kalau Jalan Subang relatif lebih cair," ujarnya.  

Titik penyebrangan dari Jalan Sulaksana pun dicoba untuk ditutup supaya pengendara dari arah International School bisa belok ke kiri. Sehingga mereka yang ingin naik ke fly over akan diberi kanal supaya dari jalur kiri tidak bisa masuk. 

"Kalau mau naik harus agak jauh ya di jalur kanan lah, water barrier lah dibuat. Nanti kita lihat, intinya karena di situ suka batal naik aja, dari kiri suka memaksa, ke kanan kita tutup pake water barrier supaya motor kadang melintas juga," katanya.  

Rekayasa yang kedua terdapat di kawasan Sukajadi. Bundaran lampu lalu lintas perempatan dekat dengan Bank Mandiri dan berbagai hotel akan dibuka kembali. Sebelumnya, jalan arah utara dan selatan sengaja ditutup sehingga kendaraan harus memutar. Namun, kali ini barrier akan dibuka mengingat manuver bus cukup sulit untuk berbelok. 

AYO BACA : Trans Metro Bandung Tambah 1 Koridor

"Pertimbangannya kalau bis manuvernya cukup sulit di junction (Yogya Junction), sama dari kiri Karang Tinggal agak sulit. Karena kalau sore terutama weekend ekornya itu ketemu crossing di Flamboyan," tuturnya.  

Rencana rekayasa jalan di kawasan Puri Dago akan diberlakukan Senin (14/1). Sedangkan rekayasa di wilayah Sukajadi akan diberlakukan Kamis (17/1) sebagai upaya antisipasi penguraian di akhir pekan. 

"Kita upayakan e-poster sudah mulai beredar," ujarnya.  

Pemkot akan menaruh sekitar lebih dari 260 water barrier yang didapat dari provinsi sebanyak 60 dan milik pemkot lebih dari 200 barrier

"Ini semua sudah hasil kajian dari software juga dan kajian ke lapangan," kata dia.
 

AYO BACA : Perampok “KO” Setelah Menodong Wanita Juara UFC Brasil

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar