Yamaha NMax

Fobia terhadap Hujan dan 5 Ketakutan Lainnya yang Aneh

  Jumat, 11 Januari 2019   M. Naufal Hafiz
Ilustrasi fobia terhadap hujan. (Adrianna Calvo/Pexels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Setiap orang memiliki fobia akan satu atau beberapa hal yang terbilang normal. Ketakutan itu biasanya dipengaruhi kejadian saat masih kecil.

Namun, ada orang yang fobia terhadap hal-hal—yang bagi kebanyakan orang—tidak normal. Melansir dari Telegraph, Jumat (11/1/2019), berikut enam fobia aneh yang ada di dunia:

1. Ombrophobia (Takut terhadap hujan)

Penderita Ombrophobia memiliki ketakutan yang tidak normal terhadap hujan. Ketakutan ini dapat menyebabkan cemas yang luar biasa. Diperkirakan, fobia ini muncul karena sejumlah faktor, salah satunya larangan saat kecil untuk tidak keluar rumah kala hujan karena akan menyebabkan sakit.

AYO BACA : Hilangkan Fobia dengan Busana Ala Binatang

2. Xanthophobia (Takut warna kuning)

Penderita xanthophobia secara umum takut terhadap hal yang berwarna kuning, termasuk matahari, bunga bakung kuning, dan cat kuning. Gejala-gejala xanthophobia salah satunya ketakutan saat mendengar kata “kuning”.

3. Somniphobia (Takut tertidur)

Somniphobes atau penderita Somniphobia takut tertidur karena mereka mengaitkan tidur dengan sekarat. Hal ini salah satunya disebabkan karena selalu menderita mimpi buruk yang berulang. Tidak hanya itu, orang-orang yang takut kehilangan waktu saat tidur juga termasuk penderita fobia ini.

AYO BACA : Lima Pemain Bola dengan Fobia Aneh

4. Hylophobia (Takut pohon)

Hylophobia adalah ketakutan irasional terhadap kayu, hutan, atau pohon. Hal ini salah satunya disebabkan film atau dongeng yang menggambarkan kayu dengan wujud menakutkan. Penderita hylophobia biasanya tidak mau keluar rumah untuk jalan-jalan menikmati pemandangan. Hal tersebut membuat mereka cemas.

5. Omphalophobia (Takut pada pusar)

Penderita Omphalophobia selalu takut jika pusar mereka disentuh atau mereka menyentuh pusar orang lain. Rasa takut ini terkait berasosiasi dengan tali pusar dan rahim ibu.

6. Pogonophobia (Takut jenggot)

Istilah pogonophobia telah digunakan sejak tahun 1850-an untuk menggambarkan ketakutan berlebih terhadap janggut. Presenter Jeremy Paxman pernah menuduh salah satu kantor berita menderita pogonophobia. Hal ini terjadi setelah dirinya dikritik menghadirkan Newsnight dengan wajah berjenggot.

AYO BACA : Brian Molko Berdandan Seperti Perempuan untuk Menyindir Homofobia

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar