Yamaha NMax

Bayam VS Kale, Mana yang Lebih Sehat?

  Jumat, 11 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Sayur kale (Unsplash.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Belakangan ini, daun kale tengah banyak digemari pencinta makanan sehat. Pasalnya, menu daun kale mulai banyak disajikan di restoran-restoran, terutama sebagai pelengkap salad.

Kale sendiri merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang masih tergolong dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, dan sawi.

Namun, bayam--sebagaimana sayuran hijau lainnya--juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah bermanfaat dengan kale. Sayuran-sayuran hijau ini memiliki sejumlah nutrisi meliputi asam folat, zat besi, antioksidan, mineral, dan sebagainya. Pertanyaannya, mana yang lebih sehat dan tepat untuk diet Anda sehari-hari?

Sebagaimana yang dilansir dari Boldsky, Jumat (11/1/2019), kandungan nutrisi bayam dan kale sebanarnya cukup mirip. Namun, ada beberapa perbedaan kandungan lain yang menarik untuk diketahui.

AYO BACA : Cara Terbaik agar Anda Tetap Sehat dalam Bekerja

Penjelasan di bawah didasari pada nilai gizi kale dan bayam yang diperkirakan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Nilai-nilainya cenderung berbeda tergantung pada kondisi tempat sayuran ini ditanam.

Kandungan Nutrisi Bayam Vs Kale

Dalam 100 gram kale, terdapat 49 kkal energi, sedangkan 100 gram bayam memberi Anda 23 kkal energi. Kandungan karbohidrat kale adalah 8,8 gram, sementara pada bayam tercatat ada 3,6 Ka gram.

Kale memiliki 3,6 gram serat dan bayam memiliki 2,2 gram serat. Kandungan kalsium dalam kale adalah 150 mg, dan bayam 99 mg.

AYO BACA : Porsi Makanan Sehat dan Berimbang untuk Ibu Hamil menurut Ahli

Kandungan zat besi, magnesium, dan kalium kale adalah 1,5 mg, 45 mg, dan 491 mg, sementara bayam tercatat mengandung 2,7 mg, 79 mg, dan 558 mg.

Sementara itu, untuk kandungan vitamin C, kale memiliki 120 mg vitamin C yang signifikan dibandingkan dengan bayam. Bayam hanya memiliki 28 mg. Kale mengandung 9990 IU vitamin A, dan bayam mengandung 9377 IU. 

Mana yang lebih sehat?

Berdasarkan perbandingan di atas, kale mengandung lebih banyak nutrisi sementara bayam tinggi dalam beberapa nutrisi yang mengandung zat besi, magnesium, kalium dan folat. Meski demikian, keduanya sangat baik untuk dikonsumsi terutama bagi wanita yang tengah menstruasi atau siapa saja yang mengalami anemia. 

Terlepas dari nutrisi yang disebutkan di atas, kedua sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin lain seperti vitamin A, B, B6, E, dan K, juga mineral seperti tembaga, mangan, dan seng.

AYO BACA : 8 Tips Makan Sehat saat Liburan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar