Yamaha Aerox

77 Ekor Kukang Diserahkan ke BKSDA Jabar

  Kamis, 10 Januari 2019   Erika Lia
Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono (kanan) serahkan kukang jawa yang dilindungi kepada BKSDA Jabar di Mapolres Majalengka, Kamis (10/1).(Erika Lia)
MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM- Tujuh puluh tujuh dari 79 ekor kukang jawa (nycticebus javanicus) yang sempat ditangkap dan diperniagakan ilegal diserahkan Polres Majalengka kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat, Kamis (10/1).
 
Dari jumlah 79 ekor yang sebelumnya diamankan polisi dari dua tersangka pelaku penangkapan, dua ekor kukang di antaranya mati karena stres.
 
Penyerahan ke-77 ekor kukang sisanya, diserahkan Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 6 Tasikmalaya, BKSDA Jabar, Didin Syarifudin, di Mapolres Majalengka.
 
"Sebelumnya tim gabungan Satuan Reskrim Polres Majalengka telah mengamankan dua tersangka bersama 79 hewan langka jenis kukang jawa atau nycticebus yang dilindungi," papar Mariyono.
 
Kedua tersangka, lanjutnya, mengumpulkan puluhan ekor kukang itu di sebuah kandang kayu. Rencananya, oleh para tersangka, ke-79 kukang itu dijual.
 
Dia menegaskan, akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat pasal 21 ayat 2 huruf (a) jo pasal 40 ayat 2 huruf (a) UU RI Nomor. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati jo lampiran Nomor 74 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor:P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.
 
Di tempat sama, Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 6 Tasikmalaya, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar, Didin Syarifudin mengatakan, ke-77 ekor kukang jawa itu akan diserahkan kepada pengurus International Animal Rescue.
 
"Rencananya diserahkan kepada International Animal Rescue untuk dirawat hingga benar-benar bisa dilepas liarkan kembali ke alam liar," cetus Didin.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar