Yamaha NMax

Peneliti Ungkap 10 Alasan Utama Seseorang Jatuh Cinta

  Rabu, 09 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi. (Unplash.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Rahasia di balik mengapa dan bagaimana seseorang jatuh cinta hingga saat ini masih menjadi misteri yang menarik untuk dibahas. Menurut peneliti psikologi sekaligus pakar interaksi manusia-robot, Elizabeth Philips, ada sejumlah ilmu yang dapat membantu menjelaskan fenomena tersebut. 

Sebagaimana yang dilansir dari Business Insider, Kamis (9/1/2019), dirinya dan sejumlah psikolog telah merumuskan 10 faktor yang dapat memengaruhi perasaan cinta manusia pada seseorang. 

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat berperan:

1. Kemiripan

Kita cenderung lebih mudah membayangkan orang yang memiliki kemiripan dengan diri kita--dalam sifat maupun kecenderungan selera--untuk menyukai kita. Untuk itu, kita pun 

2. Rasa suka yang berbalas

Perasaan bahwa diri kita diinginkan oleh orang yang kita sukai juga berperan besar dalam menentukan apakah kita akan jatuh cinta dengan orang tersebut atau tidak.

Seringkali kita ingin memastikan bahwa orang yang kita sukai juga menyukai kita. Manusia sangat menikmati perasaan diiginkan oleh orang lain, jelas Elizabeth.

3. Karakter sesuai yang diharapkan

Manusia cenderung mencari adanya aspek unik baik di dalam kepribadian maupun penampilan fisik dari seseroang. Terutama, bila keunikan tersebut adalah hal yang kita anggap penting dan signifikan dalam menjalani hidup. 

4. Penerimaan sosial

Tanpa sering disadari, penerimaan sosial atau persetujuan lingkungan sekitar juga menentukan apakah kita dapat jatuh cinta pada seseorang atau tidak. 

Norma pada budaya yang dianut atau aturan agama membatasi kategori orang yang kita anggap bisa kita cintai, jelasnya.

5. Merasa ingin dilengkapi

Apakah itu keintiman hati maupun sekadar status sosial, manusia biasanya akan jatuh cinta pada orang yang dinilai dapat melengkapi dan memenuhi kebutuhannya dalam kehidupan.

6. Situasi yang menantang 

Berada dalam situasi yang menantang dan memicu adrenalin dinilai dapat merekatkan hubungan dengan seseorang. Hal ini dapat menjadi pengalaman yang memicu seseorang untuk jatuh cinta.

7. Rasa misterius

Orang biasanya jatuh cinta pada seseorang yang dianggap misterius bagi diri mereka, ungkap Elizabeth.

8. Faktor 'X'

Agar seseorang dapat jatuh cinta, mereka harus menemukan suatu karakteristik unik yang dapat membangkitkan gairah atau rasa suka. Hal tersebut bisa meliputi hal-hal fisik seperti kaki yang jenjang, wajah yang tampan atau karakter lain seperti selera humor yang dianggap menyenangkan. 

9. Kesiapan dalam menjalani hubungan

Meksipun hal-hal di atas terpenuhi, seseorang belum tentu akan mengalami jatuh cinta apabila dirinya secara psikologis merasa belum siap untuk memasuki babak baru dalam hubungan romantis. Seseorang harus terlebih dahulu merasa siap untuk memasuki kisah cinta baru untuk bisa jatuh cinta. 

10. Waktu menyendiri

Menghabiskan waktu berdua dengan seseorang juga memicu orang tersebut untuk lebih mudah jatuh cinta. Karena, pada masa tersebut lawan bicaranya menjadi cenderung lebih mudah didekati dan terbuka.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar