Yamaha Aerox

2 Kandungan Makanan Ini Terbukti Redakan Depresi

  Rabu, 09 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi 2 makanan yang terbukti redakan depresi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Hasil penelitian para ilmuwan di bidang psikologi klinis terkini mengemukakan bahwa kondisi depresi pada seseorang tidak semata-mata dapat ditangani oleh terapi kognitif atau konsumsi anti-depresan. Sebagaimana yang dilansir dari Psychology Today, Kamis (9/1/2019), keseimbangan mikrobiota dalam usus seseorang ternyata juga memiliki peran dalam meregulasi keadaan depresif seseorang.

Praktisi psikolog klinis dan penulis buku The Stress Proof Brain Melanie Greenberg mengatakan, beberapa pengobatan baru untuk depresi telah dirancang untuk mengatur keseimbangan mikrobiota usus.

Perawatan yang memanfaatkan dua zat yang kerap ditemui dalam makanan ini diklaim telah berhasil menunjukkan keberhasilan dalam studi pada hewan dan studi awal pada manusia. Dua kandungan tersebut adalah probiotik dan omega-3. 

AYO BACA : Yuk Kenali Ciri-ciri Depresi

Probiotik

Probiotik telah terbukti dalam penelitian pada hewan mampu mengurangi sitokin inflamasi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menggambarkan percobaan 30 relawan yang hidup dengan depresi. 

Para sukarelawan yang depresi ini diberi suplemen probiotik harian yang menggabungkan bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium selama 30 hari.

AYO BACA : Obat Depresi Itu Bernama Musik

"Pada akhir penelitian mereka telah secara signifikan mengurangi gejala tekanan psikologis, termasuk depresi dan kecemasan," jelas Melanie.

Untuk menambah asupan probiotik dalam pola makan sehari-hari, Anda dapat mengonsumsi suplemen probiotik. Di samping itu, makanan fermentasi seperti yoghurt dan acar yang mengandung probiotik juga dapat menjadi pilihan. 

Suplemen Omega-3

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen Omega-3 dapat memengaruhi komposisi mikrobiota usus. Tak hanya itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan produksi senyawa anti-inflamasi, termasuk asam lemak. 

Mikroba usus, asam lemak, dan imunitas dapat bekerja bersama untuk menjaga integritas dinding usus dan mengurangi kebocoran usus. Studi penelitian menunjukkan bahwa suplemen Omega-3 dapat membantu menangani beberapa jenis depresi. 

Selain mengonsumsi suplemen Omega-3 berbentuk kapsul yang lazim ditemui di pasaran, Anda juga dapat mengonsumsi kandungan ini secara alami. Sumber alami Omega-3 di antaranya adalah ikan salmon, sarden, dan mackerel.

AYO BACA : 4 Hal Sepele Sehari-Hari yang Jadi Gajala Depresi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar