Yamaha Lexi

3 Cara agar Anda Bahagia saat Bekerja

  Selasa, 08 Januari 2019   M. Naufal Hafiz
Ilustrasi kerja menyenangkan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Sebelum tiba di kantor, mungkin ada di antara kita yang lebih khawatir daripada bahagia untuk bekerja. Bayangan akan tenggat, rapat, evaluasi kinerja, dikritik bos, atau khawatir dipecat tiba-tiba terus mengganggu pikiran.

Padahal, kata psikolog Tchiki Davis, pikiran negatif justru menciptakan emosi negatif dari pengalaman yang bahkan belum terjadi.

Davis mengatakan, seperti dilansir dari Psychology Today, Selasa (8/1/2019), agar memahami cara imajinasi bekerja dan dampaknya dalam memengaruhi perasaan manusia. Dengan sedikit latihan, kita dapat memanfaatkan imajinasi untuk memandang pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

Bagaimana imajinasi memengaruhi emosi

Tahukah Anda bahwa otak sulit membedakan hal-hal yang terjadi dalam imajinasi dan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan nyata?

Ketika kita membayangkan sesuatu, otak mencoba menyimulasikan respons yang akan terjadi jika situasi ini benar-benar terjadi. Ini adalah proses saraf yang memungkinkan kita untuk berempati, menempatkan diri pada posisi orang lain, dan memahami keadaan mental mereka. Kita pun menggunakan proses ini untuk lebih memahami diri kita sendiri.

Dalam pikiran, kita dapat memainkan skenario masa depan untuk memprediksi bagaimana kita secara pribadi berpikir, merasakan, dan meresponsnya. Dengan begitu, kita mengalami pikiran dan emosi yang serupa dengan yang akan terjadi jika situasi itu benar-benar terjadi pada kita saat ini.

AYO BACA : Besok Sudah Kerja, 5 Tips Kembalikan Semangat Ngantor

Contohnya, ketika Anda membayangkan bos memuji Anda karena kinerja yang baik dan Anda mendapatkan promosi yang diharapkan, pada dasarnya Anda mengatakan pada otak untuk merespons seolah-olah hal-hal itu terjadi. Tiba-tiba, Anda menciptakan emosi positif untuk mengarah ke harapan positif Anda.

Gunakan imajinasi untuk merasa baik di tempat kerja

Setelah tahu cara kerjanya, Anda dapat berlatih menggunakan imajinasi untuk meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kinerja kerja. Berikut tiga cara yang dapat membantu Anda menghasilkan emosi positif di tempat kerja.

1. Bayangkan hari ini adalah hari terbaik

Kala pagi, saat Anda menyikat gigi atau mandi, luangkan beberapa menit untuk membayangkan hari ini adalah hari terbaik yang Anda miliki. Bayangkan apa saja yang akan terjadi? Dengan siapa Anda akan berinteraksi? Dan bagaimana perasaan Anda sepanjang hari?

Sebagai contoh, saya mungkin membayangkan saya benar-benar produktif hari ini. Saya menyelesaikan satu artikel dalam waktu yang singkat. Lalu, saya bertemu dengan klien baru yang potensial dan kami langsung melakukan kerja sama.

Hari itu berakhir dengan tidak ada pekerjaan yang tersisa. Saya pun bisa tenang beristirahat. Seperti yang Anda bayangkan, cobalah untuk membangkitkan emosi yang akan terjadi di dalam diri Anda jika hari Anda berjalan persis seperti yang Anda inginkan.

AYO BACA : Ini Alasan Ketika Bahagia Bisa Langsung Sedih

2. Jeda untuk berimajinasi dalam situasi baru

Sebelum pertemuan dengan bos atau presentasi kepada rekan kerja, luangkan waktu sejenak untuk memvisualisasikan apa yang akan terjadi jika semuanya berjalan dengan sangat baik. Apakah Anda memiliki percakapan yang menginspirasi? Apakah semua orang menyukai ide Anda? Perjelas untuk diri Anda sendiri bagaimana persisnya dan bayangkan bagaimana rasanya.

Sekali lagi, bayangkan emosi itu dan biarkan diri Anda merasakannya. Paling tidak, Anda akan memasuki situasi dengan suasana hati yang baik.

3. Akhiri hari Anda dengan memikirkan hari esok yang lebih baik

Sebelum Anda tidur, bayangkan hari esok seperti apa— bukan seperti apa yang Anda pikirkan, tetapi seperti apa yang terbaik.

Jangan membatasi diri untuk memikirkan hal-hal yang sebenarnya bisa terjadi. Berkreasilah dengan membayangkan bahwa besok Anda bisa terbang atau tempat kerja Anda tiba-tiba dibanjiri anak-anak anjing yang menggemaskan.

Jangan khawatir tentang bayangan konyol. Ikuti saja. Selain memberikan senyum di wajah Anda, latihan ini juga dapat membantu Anda mengasah keterampilan imajinasi, sehingga lebih mudah untuk memimpikan masa depan secara umum.

Tentu saja, membayangkan sesuatu tidak akan membuatnya menjadi kenyataan. Jika bos Anda tidak pernah puas dengan pekerjaan Anda, misalnya, itu jelas merupakan masalah nyata yang membutuhkan solusi nyata.

Imajinasi adalah salah satu kapasitas luar biasa dalam pikiran manusia. Dengan beberapa latihan, imajinasi bisa menjadi cara sederhana untuk membawa lebih banyak hal positif dalam kehidupan kerja Anda.

AYO BACA : 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Rasa Bahagia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar