Yamaha NMax

4 Tempat Bersantap Kuliner Makassar di Kota Bandung

  Senin, 07 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Sop Konro Marannu

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kota Bandung lama dikenal sebagai surganya kuliner. Berbagai jenis santapan dari berbagai daerah tak sulit ditemui mulai dari restoran yang khusus menyajikan menu makanan negara tertentu. 

Hingga kedai kaki lima yang menjajakan masakan dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu santapan nusantara yang banyak diminati warga-warrgi Bandung adalah masakan Makassar. Untuk itu, Ayobandung.com merangkum empat restoran khas Makassar yang dapat Anda kunjungi :

1. Sop Konro Marannu

Terletak di bilangan Jalan Riau, tak jauh dari Taman Pramuka, lokasi kedai makan Sop Konro Marannu terbilang cukup strategis dan tergolong salah satu yang paling ramai dikunjungi pelanggan. Di sini, Anda dapat memesan aneka menu makanan khas Makassar mulai dari sop konro, konro bakar, es pallu butung, es pisang ijo, dan sebgaianya.

Ketika Ayobandung.com coba memesan konro bakar, menu tersebut ternyata disajikan dengan dua cara menyantap yang dapat dilakukan secara berbeda. Pertama, memakan dagig iga dengan bumbu merah pedas yang sudah terlumur di atas tiga potong besar iga yang tersedia. Kedua, dengan kuah rempah hangat yang disajikan terpisah.

Rasa daging konronya terbilang gurih-manis dan empuk, tebal namun mudah terlepas dari tulang iganya. Bila enggan memadukannya dengan nasi, Anda juga dapat memesan buras. 

2. Sop Konro Karebosi

Hampir sama dengan Marannu, Sop Konro Karebosi menyakikan sop konro sebagai menu andalan. Bedanya, rata-rata harga seporsi makanan di restoran ini lebih terjangkau dibanding Marannu. Coto Makassar dan aneka es pencuci mulut ala Makassar juga tersedia di tempat ini. 

Begitu duduk, Anda akan disambut deretan bumbu di meja makan pelanggan yang dapat dikombinasikan dengan makanan yang dipesan. Bahkan, buras pun tersedia sebagai teman santap coto. 

Untuk sop konro-nya, satu porsi terdiri dari hanya satu potong iga. Namun, porsinya sangat besar dan mengenyangkan. Wangi rempah hangat pun terasa ketika menyendok kuah sop.

3. Ikan Bakar Nelayan Makassar

Tempat ini berada di bilangan Jalan Sunda, terletak sebelum rel kereta api. Meski tergolong sebagai restoran baru, ayobandung.com memantau cukup ramai orang datang berkunjung setiap harinya. Menu andalannya adalah aneka olahan ikan bakar.

Beberapa menu ikan yang ditawarkan cukup beragam, meliputi ikan baronang, bawal, cue, kerapu, ekor kuning, udang pacet, kakap merah, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pelanggan juga diminta untuk menentukan  bumbu bakar khas Sulawesi mana yang akan disantap, meliputi  parape, rica-rica, bumbu asap, palumara, woku, atau kuah kuning

Rata-rata harga ikan per-ons nya mencapai 20-30 ribu. Bila tak suka ikan , Anda juga dapat memesan aneka mie dan sayuran.

4. Mamink Daeng Tata

Kedai makan yang terletak di sebrang Enhai ini juga dikenal dengan sebutan "Tata Ribs" karena memiliki menu andalan dengan nama yang sama. Tata Ribs adalah iga bakar dibalut saus kacang dan kuah konro, dan merupakan salah satu menu yang paling banyak dipesan di sini.

Selain aneka sajian konro, kedai ini juga menyediakan menu khas Makassar lainnya seperti mie titi ,coto Makassar, hingga aneka ikan bakar. Bila Anda tidak terbiasa dengan porsi-porsi konro yang besar sebagaimana yang lazim disajikan di tempat makan khas Makassar, di sini Anda bisa memesan konro dengan ukuran sesuai keinginan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar