Yamaha Aerox

Hujan Deras Mengakibatkan Longsor dan Banjir Bandang di Selajambe Kuningan

  Senin, 07 Januari 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi

KUNINGAN, AYOBANDUNG.COM--Longsor dan banjir bandang menimpa empat rumah di Desa Padahurip, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan pada Minggu (6/1/2019) sore. Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengatakan, longsor terjadi karena hujan deras disertai angin yang melanda Desa Padahurip pada Minggu siang hingga sore. Akibat hujan tersebut sungai Tajur di Leweung Cina pun meluap.

AYO BACA : Antisipasi Bencana di Jawa Barat

"Tebing sungai Tajur di Leweung Cina kawasan hutan Perhutani longsor dan mengakibatkan debit air di sungai tersebut meluap sehingga terjadi banjir bandang," ujarnya kepada Ayobandung.com melalui pesan singkat, Senin (7/1/2019).

Dia menyebutkan, akibat bencana tersebut dua unit kendaraan roda dua, jalan lingkungan, dan tiga unit rumah terkena limpasan lumpur, lima kolam milik warga dan satu rumah lainnya terkena longsoran tanah.

AYO BACA : Peneliti Tagih Keseriusan Pemerintah Antisipasi Gempa Sesar Lembang

Dia menambahkan, 28 unit rumah warga dan 30 kepala keluarga atau 90 jiwa terancam terkena longsor. Sementara itu, untuk kerugian material belum bisa ditaksir.

"Longsor dan banjir bandang yang terjadi menimpa beberapa rumah dan fasilitas milik warga. Selain itu, beberapa titik jalan tertimbun material tanah sepanjang 25 meter dengan ketebalan 3 meter," terangnya.

Agus mengatakan, pihaknya telah menurunkan sejumlah personel guna membantu warga dan aparat desa melakukan pembersihan lingkungan sekitar. Sedangkan warga yang terkena dampak bencana telah diungsikan. 

"Langkah antisipasi sementara untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, 90 jiwa kami telah ungsikan ke sanak keluarga yang berada di RT 13," pungkasnya.

AYO BACA : 10 Kecamatan di Bandung Rawan Likuifaksi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar