Yamaha Lexi

2019 Ingin Kesehatan Mental Meningkat? Lakukan 5 Hal Ini

  Kamis, 03 Januari 2019   M. Naufal Hafiz
Ilustrasi meningkatkan kesehatan mental. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Salah satu investasi yang jarang disadari orang adalah kesehatan. Di awal tahun 2019 ini, Anda bisa meningkatkan kesehatan mental dengan berbagai cara sederhana.

Dilansir dari Forbes, Kamis (3/1/2018), berikut lima hal yang bisa dilakukan agar kesehatan mental Anda meningkat.

Bersikap baik kepada diri sendiri

AYO BACA : Cyberchondria: Gangguan Kesehatan Mental gara-gara Internet

Jangan terlalu keras pada diri sendiri sehingga lupa menikmati kehidupan yang Anda miliki. Kritik terhadap diri dan sikap perfeksionisme yang terus-menerus tidak hanya meningkatkan stres, tetapi juga menghambat produktivitas dan memacu penyakit mental seperti depresi dan gangguan makan. Sediakan waktu untuk diri sendiri seberapa pun padatnya jadwal Anda. Beristirahatlah secara teratur untuk bersantai dan berinvestasi dalam perawatan diri.

Meditasi

Bermeditasi selama 10 menit setiap pagi dapat menghilangkan stres, mempertajam fokus, meningkatkan suasana hati dan memori, dan membuat tidur nyenyak.

AYO BACA : Mengenal Psikosomatis: Sakit Fisik Karena Kondisi Mental

Bercengkrama dengan Alam

Berjalan kaki atau menghabiskan waktu di luar rumah bisa bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Terlibat dengan alam bisa menurunkan stres dan kecemasan, meningkatkan suasana hati, meningkatkan harga diri, merangsang kreativitas, dan meningkatkan memori kerja.

Tetapkan prioritas yang jelas

Atur diri Anda dengan mengevaluasi prioritas dan menghabiskan waktu serta energi dengan bijaksana. Pastikan prioritas Anda selaras dengan tujuan hidup. Mulailah dengan membuat daftar lima atau enam tujuan yang ingin Anda capai tahun ini, baik yang profesional maupun pribadi.

Cukup tidur

The National Sleep Foundation menyarankan tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam demi mengoptimalkan kesehatan. Kurang tidur untuk waktu yang lama dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti kecemasan, kelelahan mental, dan penambahan berat badan. Hal ini juga yang meningkatkan risiko penyakit jantung, depresi, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

AYO BACA : Internet Gaming Disorder, Gangguan Mental Pecandu Gim

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar