Yamaha NMax

Longsor, Jalur Kereta Api Lintas Bogor-Sukabumi Terputus

  Rabu, 02 Januari 2019   Husnul Khatimah
Longsor di jalur kereta api Bogor-Sukabumi. (Humas PT KAI)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM--Hujan yang mengguyur Bogor dan sekitarnya menyebabkan terjadinya longsor di sekitar jalur Kereta Api (KA) lintas Bogor-Sukabumi. Akibatnya perjalanan sejumlah KA penumpang yang melewati lintas Bogor-Sukabumi terputus, Rabu (2/1/2019).

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta mengatakan tercatat ada 4 titik longsor di jalur lintas Bogor-Sukabumi yang mengganggu perjalanan KA. Titik longsor tersebut, yakni di petak jalan Bogor-Maseng tepatnya di Km. 12 + 700, 12 + 200/300, 11 + 00/100, 11 + 200/300 dengan kedalaman 7 meter.

AYO BACA : PT KAI Nyatakan Jalur Selatan Sudah Bisa Dilalui Kereta Api dan Aman

Untuk menangani gangguan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta menurut Edy telah menerjunkan tim. "Saat ini masih dalam penanganan unit terkait. Kami terus berusaha untuk meminimalisir terganggunya perjalanan kereta api (KA) di lintas Bogor-Sukabumi," ujar Edy Kuswoyo.

Dia mengatakan kejadian ini mengakibatkan adanya pemotongan relasi KA, dimana kereta dari Sukabumi hanya bisa sampai stasiun Maseng. Pemotongan ini akan dilakukan sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui oleh KA.

AYO BACA : Begini Curhat Warga yang Tinggal di Atas Rel Kereta

Sementara esok harinya, hingga perbaikan selesai, KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor berjalan hanya sampai Stasiun Cigombong, dan KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi berjalan dari Stasiun Cigombong.

"Untuk penumpang yang mempunyai tiket KA Pangrango dengan relasi Sukabumi-Bogor atau sebaliknya tiket bisa dibatalkan di Stasiun terdekat dan dikembalikan 100%, apabila penumpang tetap ingin menggunakan KA Pangrango, penumpang bisa membeli tiket kembali dengan relasi hanya Sukabumi-Cigombong atau sebaliknya saja," ujar Edy.

"PT KAI Daop 1 Jakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dibatalkannya perjalanan KA lintas Bogor-Sukabumi. Bagi masyarakat disarankan untuk menggunakan moda transportasi lainnya," tandas Edy.

AYO BACA : Longsor, Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi Terputus

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar