Yamaha Lexi

Yuk Coba, 7 Resolusi Kesehatan Memasuki Tahun Baru 2019

  Kamis, 03 Januari 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Yoga. (pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Tahun baru identik dengan resolusi baru. Namun, pernahkah kita memiliki resolusi khusus di bidang kesehatan? Apalagi berkaca pada  pepatah, "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat", atau "Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak kita kenali dan hargai sampai mereka telah habis".

Akan sangat penting memiliki resolusi kesehatan di tahun yang baru kita masuki. Tahun baru bukan hanya pergantian tahun. Namun, juga bermakna bahwa umur kita bertambah dan semakin tua, demikian pula dengan organ-organ di dalam tubuh.

Bila kita tidak menjaga kesehatan tubuh, bukan tidak mungkin di tahun-tahun berikutnya kita sakit dan kualitas hidup menurun. Terlebih, hasil kerja keras dan kesuksesan yang kita raih belum tentu kita nikmati di hari nanti, jika kita tak memperhatikan pentingnya mengubah gaya hidup. 

Dinukil dari laman Boldsky, Rabu (2/1/2019), Ayobandung.com menawarkan beberapa resolusi kesehatan yang dapat kamu aplikasikan di 2019, berikut ulasannya.

Batasi Konsumsi Gula

Mengkonsumsi makanan yang terlalu manis secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yakni diabetes. Penyakit yang menyerang orang tua maupun anak muda ini belum dapat disembuhkan secara sempurna. Oleh karenanya, pencegahan merupakan satu-satunya cara terhindar dari diabetes, yakni dengan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula.

AYO BACA : 5 Makanan Tinggi Lemak yang Cocok untuk Diet

Jadwalkan Liburan

Istirahatkan diri dari rutinitas sehari-hari yang memicu stress, lebih-lebih rutinitas yang monoton. Dengan beristirahat dapat menyegarkan kembali sel otak dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mulai tetapkan destinasi liburan di 2019 dari sekarang. 

Hentikan Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesehatan

Apakah kamu tergolong pemabuk atau pecandu obat-obatan terlarang, atau perokok berat? Jika ya, Tahun 2019 mungkin merupakan momen yang tepat untuk menghentikan semua kebiasaan buruk tersebut.

Seperti kita tahu, mengonsumsi alkohol hingga menggunakan narkoba dan merokok bisa mengganggu kesehatan bahkan sampai kematian. Jadikan hal meninggalkan kebiasaan buruk ini sebagai satu resolusi di tahun 2019.

Mengelola Stres

AYO BACA : Resep Masker dari 2 Bahan yang Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Stres merupakan salah satu akar penyebab berbagai penyakit yang dialami manusia, baik secara fisik maupun psikologis. Nah, di tahun baru 2019 ini merupakan momen yang tepat untuk mengelola stres, seperti menjadwalkan diri untuk istirah sejenak (meditasi/merenung), bertafakkur, bermunajat secara teratur atau menjalani hobi yang membuat keceriaan dan bahagia.

Olahraga

Berolahraga sepertinya mungkin terdengar resolusi tahun baru yang sangat klise, tapi olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk tetap fit dan segar serta mencegah berbagai penyakit.

Olahraga juga diketahui dapat menunjang produksi hormon serotonin, yakni hormon yang dapat mencegah dari depresi serta dapat menjaga suasana hati tetap bahagia. Di tahun 2019 pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan minat, dan mulailah dari sekarang.

Pola Makan

Jika merasa sulit untuk menghindari diri dari makanan tidak sehat di mall, restoran, atau tempat kerja. Di 2019, mulailah membawa bekal kemana saja bepergian. Pastikan bekal yang dibawa memenuhi aturan pola makan sehat, sehingga tubuh pun terhindar dari masalah obesitas dan beragam penyakit lainnya.

Kurangi Penggunaan Handphone

Di era seperti sekarang, rasanya sulit menjaga jarak dengan gawai terutama type android yang memiliki beragam fitur menarik seperti media sosial. Melalui gawai pula kita bisa terhubung dengan sanak keluarga maupun teman sejawat yang terpisah jarak ratusan kilometer dengan kita.

Namun jika berlebihan dalam menggunakan handphone juga dapat mendatangkan efek buruk bagi kesehatan. Paparan radiasi dari notifikasinya yang dapat memicu stres berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, di tahun 2019 tidak ada salahnya untuk mulai mengurangi penggunaan handphone.

AYO BACA : Kembali Kerja, Ini 8 Makanan Penurun Berat Badan bagi Wanita Karier!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar