Yamaha Lexi

2019: 2 Peristiwa Gerhana Melintas di Langit Indonesia

  Selasa, 01 Januari 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi gerhana matahari cincin. (infoastronomy)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Berbagai peristiwa langit akan terjadi di tahun 2019 dan bisa dinikmati di Indonesia. Salah satunya yang dinanti para penikmat benda langit adalah Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada 26 Desember 2019.

Selain gerhana matahari cincin, peristiwa langit yang bisa dilihat di langit Indonesia adalah Gerhana Bulan Sebagian pada 17 Juli.

Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari terakhir pada tahun 2019 ini akan jadi momen yang paling dinantikan oleh pengamat di Indonesia. Jalur cincin dari GMC 26 Desember 2019 akan melintasi beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan. Di antaranya adalah Padangsidempuan, Duri, Batam, Siak, Karimunbesar, Tanjung Batu, Bintan, Tanjung Pinang, Singkawang, Pemangkas, dan Sambas. Wilayah lain yang masuk dalam jalur cincin adalah Semenanjung Arab, Singapura, dan Sarawak.

Pengamat di luar jalur cincin yang bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian mencakup seluruh wilayah di Indonesia, negara-negara di bagian timur laut Afrika, Arab, Asia, dan Australia.

Gerhana Matahari Sebagian dimulai pukul 09:29 WIB dan berakhir pukul 15:05 WIB. Untuk gerhana cincin dimulai pukul 10:34 WIB dan berakhir pukul 13:57 WIB. Puncak gerhana terjadi tepat pukul 12:17 WIB selama 3 menit 39 detik. Puncak gerhana matahari cincin terlama terjadi di wilayah Siak, Riau.

Gerhana Bulan Sebagian 
Gerhana Bulan kedua dan terakhir di tahun 2019 terjadi tanggal 17 Juli dengan sebagian Bulan masuk dalam bayang-bayang Bumi.

Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 17 Juli 2019 bisa diamati dari wilayah Amerika Selatan, Eropa, Asia dan Australia. Pengamat di sleuruh wilayah Indonesia bisa mengamati GBS mulai tengah malam sampai saat matahari terbit. Bahkan Bulan terbenam dalam kondisi masih gerhana.

Gerhana Bulan Sebagian 17 Juli 2019 dimulai dengan gerhana penumbra pukul 01:43 WIB dini hari dan berakhir pukul 07:17 WIB. Untuk fase gerhana sebagian akan dimulai saat Bulan memasuki umbra Bumi pukul 03:01 WIB dan baru akan keluar dari umbra Bumi pukul 05:59 WIB.

Untuk wilayah Indonesia tengah dan timur, Bulan sudah terbenam sebelum meninggalkan bayangan inti Bumi. Sedangkan di wilayah barat, Bulan terbenam saat memasuki gerhana penumbra.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar