Yamaha

Begini Cara Paking Barang saat Kemping

  Senin, 31 Desember 2018   Mildan Abdalloh
Mengepak barang bawaan dalam ransel. (blogstudyadelaide.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Mengisi liburan dengan kemping ke gunung bisa menjadi pilihan. Pemandangan puncak yang menenangkan bisa menghilangkan kepenatan.

Namun, supaya kemping nyaman, perlu persiapan matang, baik itu menghitung jarak tempuh, makanan yang akan dibawa termasuk perlatan dan stamina juga barang yang akan dibawa.

Hal yang tidak kalah penting adalah mengepak barang bawaan dalam ransel. Salah mengepak, maka beban akan terasa berat.

Dalam hal paking barang, Manajer Eiger Adventure Service Team (EAST), Galih Donikara memberi tips yang tepat. Menurutnya, sebelum mengepak, sebaiknya dipisahkan dalam sesuai dengan jenis dan fungsinya.

AYO BACA : Toko Peralatan Kemping di Jatayu

Ada beberapa jenis barang yang umum dibawa untuk kemping, seperti alat kebersihan, alat makan, alat tidur, pakaian dan obat-obatan.

Pemilahan barang yang akan dibawa dilakukan untuk proses pengepakan yang bisa membantu.

"Yang pertama dimasukan ke dalam ransel adalah sleeping bag," tutur Galih.

Memasukan sleeping bag pada bagian bawah ransel bukan tanpa alasan. Menurut Galih, alat tidur tersebut dipastikan akan terakhir dikeluarkan, karena akan berguna saat hendak tidur.

AYO BACA : Imah Noong, Wisata Alam Sambil Lihat Angkasa Raya

Setelah sleeping bag, masukan pakaian ganti. Karena pakaian ganti dimungkinkan akan digunakan sebelum tidur.

Setelah pakaian ganti, yang dimasukan berikutnya adalah alat masak, kemudian makanan.

"Perbekalan dimasukan paling akhir, karena selama perjalanan kita akan membutuhkan asupan nutrisi. Jangan menaruh makanan di bagian bawah, karena jika dibutuhkan harus membongkar seluruh isi ransel," paparnya.

Pada bagian penutup ransel, biasanya terdapat saku kecil. Menurut Galih, saku tersebut digunakan untuk memasukan barang pendukung, seperti obat-obatan juga senter.

Pada bagian pinggir ransel, biasanya terdapat tali atau kantung. Menurut Galih, tali webing di bagian pinggir atau atas ransel dimanfaatkan untuk membawa tenda.

"Secara prinsip, barang yang lebih berat itu disimpan di atas atau mendekati punggung. Supaya beban menjadi terbagi," paparnya.

Dengan pengepakan seperti itu, maka perbekalan tidak akan terlalu membebani saat perjalanan.

AYO BACA : Berwisata di Batu Kuda, Hemat Uang & Tenaga

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar