Yamaha NMax

Korean Culture Days, Ajang Mempererat Bandung dan Korea

  Minggu, 30 Desember 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Korean Culture Days. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Menutup tahun 2018, Pemkot Bandung bekerja sama dengan sejumlah kota di Korea Selatan menggelar Korean Culture Days. Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kamalia Purbani menyampaikan beragam kegiatan dariĀ  30-31 Desember 2018 bakal digelar yakni K-Pop Dance Competition, Talk Korean Winners Exhibition in Bandung, dan Korean Film Festival.

K-Pop Dance Competition akan digelar di De Majestic, Jalan Braga pada Minggu 30 Desember. Sementara Talk Korean Winners Exhibition in Bandung dan Korean Film Festival digelar di CGV Paskal 23 pada 30 dan 31 Desember 2018.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bandung, Kamalia, tiga kegiatan tersebut adalah adalah buah kerja sama antara pemerintah dengan negara sahabat. Tahun lalu, Pemkot Bandung bekerja sama dengan India dan membuat India Culture Week. Kali ini kerja sama dilakukan dengan Korea Selatan.

"Acara ini bagian dari Internasional Days, program dari Pemkot Bandung.Tahun lalu kita gelar Indian Culture weeks. Mungkin tahun depan akan berbeda lagi, tergantung permintaan komunitas muda di Kota Bandung," ungkap Kamalia di De Majestic, Minggu (30/12/2018).

AYO BACA : Ayo Kpop! Korea Culture Days Bakal Hadir Pekan Ini

Pemilihan Korea Selatan, kata Kamalia, tak lepas dari latar belakang Negeri Ginseng tersebut. Sebelum 1960-an Indonesia lebih maju dibanding dengan Korea Selatan. Tapi kini seolah terbalik. Meski begitu, pihaknya memastikan kegiatan ini tidak bermaksud untuk meniru budaya Korea Selatan. Pemerintah hanya ingin memastikan jika Kota Bandung yang mayoritas adalah pemuda kreatif menjadi kota terbuka dan memiliki semangat untuk maju.

"Acara ini untuk merayakan keterbukaan Kota Bandung terhdap budaya Internasional. Termasuk dalam mendukung kreativitas anak muda Bandung," kata Kamalia.

Senada, Wakil Wali Kota Bandung, Yana mulyana menyampaikan selama kegiatan berlangsung menjadi momentum sekaligus peluang untuk belajar bagaimana kebudayaaan dan keragaman sebuah bangsa.

"Selama dua hari kedepan kita bisa mengenal lebih jauh soal kebudayaan saudara jauh kita dari Timur Asia. Karena sejak lama, Kota Bandung dan Korea memiliki hubungan diplomatik yang baik. Termasuk dalam kesenian dan pariwisatanya,"ucapnya.

AYO BACA : Mengenal Tulisan Asli Korea

Alhasil, Yana meyakini dengan acara pertukaran budaya ini bisa membuat Bandung dan Korea saling merekatkan hubungan kenegaraan. "Selalu menyenangkan untuk mempelajari budaya lain. Korean Culture Days ini bisa menjadi wadah saling mengenal. Warga Bandung juga akan disuguh beragam kebudayaan yang menarik dari Korea Selatan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Korean Culture Indonesia, Chun Young Pong mengakui kota Bandung merupakan kota yang nyaman untuk dikunjungi. Terlebih, Young mengaku kadung terpikat dengan cuaca dan keramahtamahan warga Kota Bandung.

"Saya sudah beberapa kali datang ke Bandung dan saya akui Bandung adalah kota yang indah. cuacanya bagus, transfortasinya juga nyaman. Dan tentunya orang-orang Bandung ramah-ramah dan baik," aku Young.

Young mwnduga cuaca yang nyaman cukup berpengaruh terhadap keramahtamahan warganya. Lantaran hal itu kata dia begitu tercwrmin dari kota berjuluk Paris van Java ini.

"Menurut saya, Bandung kota yang nyaman. Mungkin karena Badung punya cuaca yang bagus maka sikap warganya pun bagus juga," seloroh Young.

Oleh sebab itu, Young berharap di masa mendatang Kota Bandung dan Korea bisa semakin erat dalam mwnjalin kerja sama. "Saya harap untuk tahun depan kami bisa sering bertemu dengan warga Bandung, tentu dengan acara yang lebih baik lagi. Kami harap antisipasi dan kerja samanya," pungkas Young.

AYO BACA : K-Pop dan Polemik Media Televisi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar