Yamaha Aerox

Padat, Oneway Jalur Puncak Diberlakukan Lebih Awal

  Minggu, 30 Desember 2018   Husnul Khatimah
Memasuki H-2 pergantian tahun, arus lalulintas di kawasan Jalur Puncak, Kabupaten Bogor terpantau mengalami kepadatan pada sejumlah titik, Minggu (30/12/2018).(Husnul/ayomedia)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM--Memasuki H-2 pergantian tahun, arus lalu lintas di kawasan Jalur Puncak, Kabupaten Bogor terpantau mengalami kepadatan pada sejumlah titik pada Minggu (30/12/2018).

Simpul-simpul yang menjadi kemacetan di sepanjang Jalur Puncak di antaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Kasat Lantas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Hasby Ristama mengatakan, kemacetan tersebut terpantau sejak pukul 06.00 WIB. Menurutnya, di Simpang Gadog terjadi kemacetan sepanjang 6 kilometer.

Untuk mengurai kemacetan panjang itu, pihak kepolisian memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 WIB.

"Tadi kita sudah lakukan satu arah ke atas (Puncak) lebih awal karena volume kendaraan terus meningkat. Satu arah ini kita lakukan sampai pukul 12.30 WIB namun sifatnya situasional," ujar Hasby.

AYO BACA : Libur Nataru, Penumpang di Bandara Husein Sastranegara Melonjak

Menurut Hasby, jalur yang menghubungkan Kabupaten Bogor dan Cianjur itu mengalami kepadatan lantaran masih menjadi destinasi wisata favorit masyarakat untuk menghabiskan liburan akhir tahun.

"Volume kendaraan dari Jakarta mengarah ke Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi. Ini juga terjadi karena hotel-hotel di puncak banyak yang menggunakan sistem paket tahun baru sehingga tanggal ini merupakan waktu masuknya," kata Hasby.

Hasby pun mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju Cianjur, Cibodas, Ciloto, Taman bunga maupun ke Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi supaya lebih lancar dan cepat.

"Kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur silakan menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol, Cileungsi, dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer maupun Tol Bocimi via Sukabumi," "ujarnya.

Hasby juga mengingatkan malam nanti akan ada kegiatan keagamaan di Masjid Attaun pada pukul 20.00-01.00 WIB. Diharapkan masyarakat menghindari jalur tersebut karena akan terjadi kepadatan dan gunakan jalur altenatif yang disiapkan oleh petugas.

AYO BACA : Jelang Pergantian Tahun, Jalur Puncak Bogor Padat

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar