Yamaha NMax

Kejawanan, Destinasi Wisata Pantai Kebanggaan Cirebon

  Senin, 24 Desember 2018   Adi Ginanjar Maulana
Wisatawan sedang menaiki perahu di Pantai Kejawanan Cirebon belum lama ini. (Herry Prapto)

Siang itu, saat matahari terik bersinar, rombongan keluarga yang dipimpin Uling (nama panggilan), aparat Desa Wangunharja, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, mengunjungi Pantai Kejawanan, Minggu (23/12/2018).

Pantai yang sejatinya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) itu kini menjadi salah satu destinasi wisata alternatif warga Cirebon dan sekitarnya.

“Waktu masih kecil saya pernah ke sini. Dulu pantai ini sangat sepi,” ungkap Uling.

Sejak beberapa tahun terakhir, pantai yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Lemah Wungkuk, Kota Cirebon dan terletak dekat dengan pelabuhan Cirebon dan Ade Irma Suryani Cirebon Waterland ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Berwisata ke Pantai Kejawanan terbilang sangat terjangkau. Pengunjung yang datang berjalan kaki tidak dipungut biaya sepeser pun. Biaya masuk dikenakan hanya bagi yang membawa kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Itu pun terbilang sangat murah meriah, hanya Rp1.000 saja per kendaraan ditambah tarif parkir Rp5.000. Dengan tarif semurah ini, para pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan pantai Kejawanan ini.

Memasuki pantai, pengunjung akan disuguhi pemandangan deretan kapal penangkap ikan yang sedang bersandar di bagian teluknya.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, datanglah pagi sekali atau sore untuk mendapatkan sunrise atau sunset. Dari pantai Kejawanan ini, Gunung Ciremai menjadi salah satu spot menarik untuk background photo landscape, selain kumpulan kapal-kapal yang bersandar itu.

AYO BACA : 3 Tips Liburan ke Luar Negeri di Akhir Tahun

Setelah berjalan beberapa meter, di sebelah kanan, tampak bibir pantai dan beberapa warung yang berdiri persis di sisi pantai. Seorang ibu pemilik warung mempersilakan rombongan masuk untuk beristirahat.

Jika biasanya pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman dari luar warung, tidak dengan warung-warung di sini. Mereka mempersilakan semua pengunjung untuk singgah, meskipun membawa makanan dan minuman.

Kondisi Pantai Kejawanan yang landai dan dangkal ini menjadi daya tarik tersendiri. Anak-anak dapat bermain air hingga ke tengah pantai. Selain itu, terdapat perahu karet yang disewakan.

Harga sewanya Rp20.000 untuk setiap perahu karet. Pengunjung juga bisa menggunakan perahu motor milik nelayan. Hanya dengan Rp5.000 per orang, pengunjung dapat berkeliling pantai Kejawanan.

Selain menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, tak sedikit pengunjung yang memilih bersantai menikmati suasana Pantai Kejawanan sambil menikmati kuliner yang tersedia di warung-warung di tepi pantai.

Herry Prapto

Kanwil DJP Jabar I

AYO BACA : Lima Tempat Liburan di Pusat Kota Bandung

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar