Yamaha Lexi

Ditjen Pajak dan Pemkab Bandung Resmikan Mall Pelayanan Publik

  Jumat, 21 Desember 2018   Dadi Haryadi
Layanan perpajakan dari KPP Pratama Soreang di Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Bandung, Jumat (21/12/2018). (Dok Humas DJP Jabar I)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I bersama Pemerintah Kabupaten Bandung resmi membuka rintisan Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Bandung, Jumat (21/12/2018). Kegiatan ini sekaligus meresmikan Trans Mart Soreang.

Peresmian tersebut dilakukan Bupati Bandung, Dadang M. Nasser, bersama Founder dan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung dan disaksikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang, Harry Pantja Sirait serta sejumlah tamu undangan.

AYO BACA : Kanwil DJP Jabar 1 Dorong UMKM Naik Kelas

Sejumlah layanan publik yang berada di dalam mall tersebut antara lain, layanan dari Polres, Samsat, Disdukcapil, BKD, DPMTSP, dan layanan perpajakan dari KPP Pratama Soreang dan KPP Pratama Majalaya.

Kepala KPP Pratama Soreang Harry Pantja Sirait menjelaskan pihaknya memberikan layanan perpajakan tahap awal, yakni hanya pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan konsultasi perpajakan.

AYO BACA : DJP Jawa Barat 1 Gelar Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik

“Untuk tahap awal, kami menyediakan layanan pembuatan NPWP, Konsultasi Perajakan, dan pembuatan e-billing untuk pembayaran pajak. Berikutnya nanti ditambah dengan layanan penerimaan e-SPT (laporan pajak secara elektronik/online) baik SPT Masa maupun SPT Tahunan," ujarnya.

Dia berharap kedepan, seluruh layanan perpajakan yang dihadirkan sudah berbasis elektronik di Mall Pelayanan Publik. Hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak.

Menurutnya, pembukaan Mall Pelayanan Publik ini juga menjadi sarana edukasi bagi wajib pajak agar bisa menggunakan sistem layanan berbasis elektronik DJP seperti e-SPT, e-filing, e-biling, e-reg, dan lain-lain.

“Kami sediakan touchscreen berisi informasi perpajakan. Wajib Pajak yang akan konsultasi misalnya, bisa menggunakan touchscreen dulu baru ke petugas jika masih belum mengerti. Untuk sistem antrean, kami menggunakan pesan singkat (SMS), sehingga Wajib Pajak bisa memesan nomor terlebih dahulu dan memperkirakan waktunya sebelum datang ke Mall Pelayanan Publik ini,” pungkasnya.

AYO BACA : Tanamkan Kesadaran Pajak Kepada Generasi Muda Lewat Pajak Bertutur

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar