Yamaha NMax

Kota Bandung Dapat Jatah Bus Rapid Transit

  Kamis, 20 Desember 2018   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau bus sekolah dan Bus Rapid Transit (BRT) hibah dari Kementerian Perhubungan di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (19/12/2018). Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendistribusikan 50 Bus Rapid Transit (BRT) ke sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat dan 17 bus sekolah yang diberikan kepada yayasan, perguruan tinggi, sekolah, dan pesantren. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kota Bandung menerima Bus Rapid Transit (BRT) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bus tersebut merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Penyerahan bus langsung diserahkan oleh Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Ahmad Yani kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Setelah itu, Emil langsung menyerahkan hibah itu kepada kepala daerah atau yang mewakili. 

AYO BACA : Iqbaal Ramadhan Gabung Pee Wee Gaskins?

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi menerima secara simbolis bus tersebut dari Emil pada upacara Hari Bela Negara yang dirangkaikan dengan penyerahan BRT dan bus sekolah di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (19/12/2018). 

Didi mengatakan, pemberian hibah tersebut bermanfaat untuk publik. Tranportasi publik tersebut menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan. 

AYO BACA : Kemenhub Hibahkan 67 Bus untuk Jabar

"Kemacetan permanen itu sebenarnya bukan menambah infrastruktur transportasi, tetapi penyelesaian yang lebih permanen itu kembali ke transportasi publik. Jadi masyarakat bisa membantu untuk lebih humanis, kurangi polusi dan kurangi pemborosan BBM, dan juga buat Bandung lebih nyaman, kurangi kebutuhan tempat parkir dengan menggunakan transportasi publik," ujarnya.

Sementara itu, moda transportasi masal berbasis bus, kata Emil, mampu melayani masyarakat dengan infrastruktur yang berkualitas.

"Solusi memecahkan kepadatan lalu lintas yakni dengan masyarakat menggunakan transportasi publik," katanya. 

Pemprov Jabar menyerahkan 50 bus BRT dan 17 bus sekolah kepada kabupaten/kota terpilih, yayasan, dan pesantren. Kabupaten/kota yang mendapatkan BRT di antaranya Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Cirebon. 

Sementara itu, Kabupaten/kota yang mendapatkan bus sekolah di antaranya Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, dan Universitas Pendidikan Indonesia. 

AYO BACA : BMKG: Amblesan Tanah di Surabaya Bukan Akibat Gempa

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar