Yamaha NMax

Piala Presiden Molor Digelar?

  Rabu, 19 Desember 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Logo Piala Presiden

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi sepak bola Indonesia belum bisa memutuskan turnamen pramusim Piala Presiden digelar pada 2019 atau tidak. 

Pada 2019, ada banyak agenda nasional. Kegiatan paling krusial yakni pemilu pada pertengahan April. 

Apalagi musim kompetisi 2018 belum sepenuhnya rampung. Meskipun Liga 1 2018 sudah berakhir, kebanyakan klub dari Liga 1, Liga 2, hingga Liga 3 masih punya tanggungan pertandingan di Piala Indonesia 2018 yang rencananya berakhir pada Maret 2019. 

Menyikapi kondisi ini, Direktur Kompetisi dan Operasional PT LIB Risha Adi Widjaya mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan PSSI selaku federasi dan pihak kepresidenan.

"Piala Presiden masih diwacanakan. Apakah diizinkan atau tidak kita juga belum tahu. Tapi yang udah-udah Piala Presiden ini satu, OC-nya, steering committee-nya. Nah, itu lagi dalam proses pembicaraan dengan federasi dan pihak terkait karena Piala Presiden harus ada komunikasi juga dengan pihak istana," ungkap Risha belum lama ini. 

Dalam tiga tahun terakhir, Piala Presiden rutin digelar sebagai turnamen pramusim. Sejak digulirkan, ada tiga klub yang mampu menjadi jawara di ajang tersebut, di antaranya Persib Bandung sebagai juara di edisi pertama, Arema FC di edisi kedua, dan Persija di edisi ketiga.

Di sisi lain, melihat dari sisi gengsi, kontinuitas, dan konsistensi turnamen tersebut, Risha mengatakan, idealnya Piala Presiden tetap digelar di awal 2019. Lantaran turnamen pramusim dinilai sangat berguna bagi kesebelasan untuk mengukur kesiapan menghadapi kompetisi baru. 

"Karena yang sudah-sudah Piala Presiden sudah tiga kali kita laksanakan. Idealnya memang kita laksanakan kembali 2019 awal ini," tutur Risha. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar