Yamaha NMax

Sri Mulyani Mengaku Dikecewakan oleh Bupati Cianjur Nonaktif

  Kamis, 13 Desember 2018   Mildan Abdalloh
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Istimewa)

CIWIDEY, AYOBANDUNG.COM--Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku dikecewakan oleh Bupati Cianjur nonaktif Irvan Rivano yang terkena Operas Tangkap Tangan (OTT) KPK.

Sri mengatakan, dirinya sangat kecewa dan prihatin dengan adanya praktik-praktik korupsi di daerah. Salah satunya adalah Bupati Cianjur nonaktif Irvan Rivano.

"Saya betul-betul sangat kecewa bahwa ada Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan pun dipotong oleh bupati," tutur Sri Mulyani di Ciwidey Kabupaten Bandung, Kamis (13/12/2018).

AYO BACA : KPK: Bupati Cianjur Diduga Sunat Dana Pendidikan 14,5%

Pemerintah pusat kata Menkeu, memberikan slot anggaran bagi pemerintah daerah dalam pelbagai bentuk, baik Dana Alokasi Umum (DAU), DAK, dana Bagi Hasil (DBH) termasuk dana Desa.

Seharusnya dana yang diberi oleh pemerintah pusat, digunakan sebaik mungkin untuk pembangunan oleh pemerintah daerah. Termasuk DAK pendidikan bagi Pemkab Cianjur.

"Itu seharusnya diterima oleh sekolah dan manfaatnya langsung oleh murid-murid," ujarnya.

AYO BACA : Kepala Daerah Cianjur Kena OTT, Ridwan Kamil: Saya Sedih dan Prihatin

Sri berharap masyarakat ikut mengawasi jalannya pemerintahan, menurutnya masyarakat perlu tahu berapa sebenarnya dana yang masuk ke daerahnya masing-masing.

"Yang kedua tentu kita ingin integritas seluruh pejabat di daerah ini semakin membaik," tutupnya.

Bupati Cianjur Irvan Rivano ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan pemotongan DAK pendidikan.

Dia terkena dalam OTT KPK bersama beberapa orang lainnya, seperti Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Kepala Bidang SMP Disdik Cianjur dan beberapa orang lainnya.

Bupati Cianjur nonaktif Irvan Rivano diduga melakukan pemotongan DAK pendidikan sebanyak 14,5% dari nila anggaran Rp46,8 miliar.

Dari tangan tersangka, KPK mengamankan barang bukti uang setoran sebsar Rp1,55 miliar.

AYO BACA : OTT KPK, Bupati Cianjur dan 5 Orang Lainnya Diamankan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar