Yamaha Mio S

Riset: Media Sosial Kalahkan Koran Cetak sebagai Sumber Berita

  Kamis, 13 Desember 2018   Adi Ginanjar Maulana
Riset tentang konsumsi berita oleh Pew Research

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Media sosial telah menjadi sumber berita utama dibandingkan koran cetak bagi orang Amerika Serikat.

Riset Pew Research yang dirilis, Senin (10/12/2018), satu dari lima orang dewasa AS mengatakan, sering mendapat berita melalui media sosial. Persentase koran cetak sebagai sumber berita menurun 4% di angka 16%. Sementara itu, media sosial mencapai 20%.

AYO BACA : Begini Cara Facebook Perangi Ujaran Kebencian

Pada 2017, porsi sumber berita di koran cetak sebanding dengan media sosial. Koran cetak sebagai sumber berita terus menurun bertahun-tahun akibat semakin berkurangnya sirkulasi dan peningkatan konsumsi media sosial.

Secara keseluruhan, televisi masih merupakan platform paling populer untuk konsumsi berita meskipun penggunaannya menurun sejak 2016. Portal merupakan sumber berita paling umum berikutnya, diikuti radio, media sosial, dan surat kabar cetak. 

AYO BACA : Jadilah Netizen Cerdas, Demi Pemimpin yang Selaras

Sebanyak 43% orang dewasa di Amerika memilik media sosial sebagai sumber berita, sementara sisanya mengakses melalui televisi.

Di antara tiga jenis televisi, televisi lokal terpopuler mencapai 37%, televisi kabel 30%, dan televisi nasional 25%. Di samping itu, 9% orang dewasa mengakses televisi streaming untuk sumber berita.

Dilihat dari usia, 65% pengguna di atas usia 50 tahun mengonsumsi berita di televisi. Sementara itu, usia di atas 65% koran cetak masih menjadi primadona dengan persentase 39%.

Adapun responden usia 18 hingga 29 tahun sering mendapatkan berita dari televisi lebih besar daripada usia 65 tahun ke atas. Namun, lebih sedikit anak muda yang beralih ke berita televisi sebesar 16% dari mereka yang berusia 18 hingga 29 tahun. Sementara itu, 36% dari mereka yang berusia 30 sampai 49 tahun mendapatkan berita sering dari televisi.

AYO BACA : AYO PEMUDA: Komunitas Pecandu Buku Galakan Baca lewat Media Sosial

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar