Yamaha Lexi

Ini Jurus Atep dan Dedi Kusnandar Siapkan Investasi di Hari Tua

  Rabu, 12 Desember 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pemain senior Persib, Atep saat sesi jumpa pers usai Persib menang 2-0 melawan Arema FC di di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (13/9/2018). (Anggun/ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Pemain sepak bola profesional tak akan bermain selamanya. Mereka dibatasi performa fisik dan usia. 

Rara-rata performa fisik pemain sepak bola profesional mulai menurun memasuki usia 30 tahun.

Menyikapi kondisi tersebut, diperlukan persiapan memasuki hari tua alias masa pensiun agar pemain tetap mendapatkan penghasilan.

Pemain Persib Bandung, Atep Rizal, setuju memikirkan masa depan harus sedini mungkin. Bahkan dia mengaku sudah mempersiapkannya sejak 10 tahun lalu. 

"Saya sadar usia pemain bola ini terbatas umur, cedera, atau lainnya. Nah, kebetulan saya sendiri mempersiapkan diri dari 2007 -2008. Saya mencoba bangun usaha menabung dari gaji," ungkap Atep, di The Trans Luxury Hotel, Rabu (12/12/2018).

Kini, Atep memiliki beberapa bisnis sebagai investasi masa tuanya.

"Makanya saya investasikan di bisnis. Saya bikin satu lapangan futsal dan usaha budi daya atau tambak ikan di Ciater," ujarnya.

Sejalan dengan Atep, Dedi Kusnandar pun mengaku setiap orang harus mulai mempersiapkan rencana masa depannya, terutama dalam mengamankan kebutuhan finansial.

"Saya hampir sama dengan Atep, karena kita enggak selamanya bekerja di kondisi yang sama seperti sekarang. Termasuk bagi kita yang main bola. Makanya sejak 2015 saya buka restoran di Jatinangor. Target setelah usaha kuliner, saya ingin kuatkan di bisnis properti," ujarnya.

Pemain yang kerap disapa Dado itu memiliki target usaha yang ingin dirintis, yakni membuka bisnis properti indekos di Cianjur.

"Target saya ingin bangun indekos di Cianjur. Makanya saya lagi menabung. Karena kita enggak mungkin bermain bola terus. Saat tua kita harus mulai mempersiapkan rencana masa depan," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar