Yamaha

5 Hal yang Menyehatkan Jika Dicampur dengan Teh

  Rabu, 12 Desember 2018   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi. (Unsplash.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Meskipun telah menjadi rutinitas, meminum teh dengan rasa yang sama bisa jadi membosankan. Padahal, ada banyak hal yang dapat dicampur ke dalam secangkir teh yang tak hanya menambah rasa, namun juga khasiat. Dilansir dari Boldsky, Rabu (12/12/2018), berikut lima campuran teh yang dapat Anda coba di rumah:

1. Teh dan Kayu Manis
Campuran kayu manis dan teh dapat memberi sejumlah keuntungan, yakni membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem imun, mengurangi rasa sakit dan kram pada saat menstruasi, dan mengurangi inflamasi juga flu. Antioksidan seperti polifenol yang dimiliki kayu manis dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya oksidasi. Tak hanya itu, kayu manis juga bisa menambah aroma teh menjadi lebih harum dan tajam.

2. Teh dan Minyak Kelapa
Meski terdengar kurang lazim, campuran teh terutama teh hijau dengan minyak kelapa memiliki beragam khasiat untuk tubuh. Kombinasi unik asam lemak pada minyak kelapa dapat membantu program diet Anda dalam mengurangi lemak pada tubuh. Tak hanya itu, asam lemak juga dikenal mampu meningkatkan fungsi kognitif otak. Dengan menambahkan campuran minyak kelapa pada konsumsi teh sehari-hari, nafsu makan Anda dapat tertekan karena kandungan seratnya yang tinggi. Bahkan, teh ini baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena lauric acid yang dikandungnya, yang dikenal dapat berubah menjadi monolaurin, adalah zat penting untuk meningkatkan imun bayi.

AYO BACA : Tambah Nasi dan Teh Sepuasnya di Ayam Geprek Crisbar

Untuk membuatnya, cukup campurkan satu sendok makan minyak kelapa pada secangkir teh hijau panas. Aduk dan minum selagi hangat untuk mendapatkan khasiat terbaik. 

3. Teh dan Jahe
Campuran jahe dan teh dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi-nutrisi yang penting, mengurangi sakit perut dan rasa nyeri pada perut bagian bawah, membantu pengobatan kanker, melancarkan pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, hingga mencegah alzheimer. Komponen seperti hogaol, paradol, zingerone, terutama gingerol juga dapat meredakan inflamasi pada tubuh. Meminum teh jahe juga dapat meningkatkan rasa nyaman pada perut, terutama pada ibu hamil. Cara membuatnya cukup mudah. Untuk takaran satu cangkir, masukan rebusan satu sendok teh parutan jahe ke dalam teh Anda. 

4. Teh dan Sirup Mapel
Paduan antara teh dan sirup mapel dapat bermanfaat bagi tubuh karena antioksidannya. Kandungan manganese pada mapel dapat memproduksi komponen yang disebut superoxide dismutase, yang berperan mencegah dampak buruk dari radikal bebas. Mapel juga memiliki kandungan zinc tinggi, dan menambahkan zinc pada konsumsi makanan sehari-hari dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung hingga mencegah penyakit akibat kadar kolesterol.

AYO BACA : Misteri Memetik Teh pada Malam Bulan Purnama

Untuk pria, campuran teh ini juga dapat bermanfaat menyehatkan sistem reproduksi sekaligus juga mencegah kanker prostat.

Asupan zinc dan magnesium pada tubuh dari konsumsi rutin mapel juga mampu menjaga daya tahan tubuh Anda karena zat tersebut berperan memelihara keseimbangan sel darah putih.

5. Teh dan Daun Mint
Selain dikenal menyegarkan, daun mint juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan asam rosmarinic pada daun ini juga merupakan antioksidan alami dan antiinflamasi yang bisa membantu meredakan flu dan alergi. Berdasarkan riset yang dimuat dalam International Breastfeeding Journal, mengonsumsi mint dapat meredakan rasa nyeri pada puting pada saat menyusui. Di samping itu, mint juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan mengingat kandungannya dapat meningkatkan aktivitas sekresi pada tubuh.

Untuk membuatnya, Anda cukup merebus sejumlah daun mint yang telah dibersihkan dan mencampurkannya dengan teh. Teh mint ini juga dinilai mampu membuat tidur lebih nyenyak, membuat napas lebih segar, hingga meredakan gejala sinusitis.

AYO BACA : Petani Majalengka Sulap Kulit Kopi Jadi Minuman Teh

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar