Yamaha NMax

Komunitas Jagakali Ubah Sampah Jadi Barang Unik

  Minggu, 09 Desember 2018   Faqih Rohman
Barang-barang unik dan bernilai berbahan sampah. (Faqih R Syafei/ayobandung).

CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Sampah sering diidentikkan dengan sesuatu yang tidak bernilai. Namun jika mampu mengolahnya dengan benar, sampah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Di tangan selompok orang yang tergabung dalam Komunitas Jagakali di bawah naungan Sinau Art Cirebon, sampah-sampah ungai disulap menjadi berbagai barang-barang yang memiliki nilai manfaat dan tentunya dapat menjaga keasrian sungai. 

Salah seorang anggota komunitas, Toing (25) mengatakan dilatarbelakangi kepedulian terhadap lingkungan sungai, dia bersama dengan teman-teman komunitasnya mengubah sampah di sungai menjadi produk kerajinan yang unik dan memiliki nilai jual.

Menurutnya, jenis sampah yang dapat diolah menjadi berbagai barang kerajinan diantaranya seperti kayu. Sampah kayu tersebut kemudian dibentuk dan diukir sesuai model yang telah ditentukan diantaranya seperti cincin, kalung, miniatur kayu, ukiran lukisan kayu, dan ukiran talenan.

"Kami mengambil dan memanfaatkan barang dan sampah kayu yang ada di kali atua sungai. Lalu dimanfaatkan," ujarnya di event Gelar Produk dan Teknologi Hasil Hutan Provinsi Jabar di halaman Gedung Negara, Kota Cirebon, Minggu (9/12/2018).

Dijelaskan, penghasilan dari pengolahan sampah sungai dapat mencapai jutaan rupiah. Bahkan dari hasil penjualan tersebut, menurutnya mampu untuk menutupi biaya produksi yang telah dikeluarkan.

"Penghasilan sekitar Rp2 juta, dan ini cukup untuk biaya produksi," kata Toing. 

Toing menambahkan pemasaran produk hasil kerajinan tersebut dilakukan melalui online dan juga disetiap event atau pameran yang berada di wilayah Cirebon.

"Pemasaran di online dan buka stand juga setiap ada event," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar