Yamaha Aerox

Yuk, Makan Bakso Sepuasnya di Festival Baso Juara

  Jumat, 07 Desember 2018   Fathia Uqimul Haq
Festival Baso Juara memenuhi Jalan Soekarno sepanjang Sungai Cikapundung Timur, Jumat (7/12/2018). (ayobandung.com/Fathia Uqimul Haq)

SUMUR BANDUNGAYOBANDUNG.COM--Sepanjang Sungai Cikapundung Timur di Jalan Soekarno terdapat puluhan tenan yang siap memanjakan lidah masyarakat dengan bakso. Seperti bakso pentol, bakso cuanki, baso beranak, hingga bakso spiderman. 

Terpantau aneka bakso terkenal pun mejeng di Festival Baso Juara ini. Misalnya Bakso H. Darmo, Bakso Trisno, dan Bakso Istighfar. 

Tenan bakso memenuhi Jalan Soekarno di sayap kiri dan kanan. Di tengahnya diisi oleh kursi-kursi dan bangku yang berderet panjang. Dari anak-anak hingga orang tua sama-sama menyantap bakso di festival ini. 

Untuk bertransaksi, pengunjung mesti menukarkan uang menjadi kupon ke panitia. Stan panitia berada di paling depan, tengah, dan belakang. Nominal kupon yang disediakan mulai dari Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, dan Rp50.000. Kupon tersebut tidak dapat dikembalikan lagi menjadi uang sehingga tamu harus menghabiskan uang tersebut. 

Setiap pembelian seporsi bakso sudah sekaligus kupon penukaran teh botol dan dua camilan kacang. Ketika penjual memberikan kupon tersebut, pelanggan bisa menukarkan ke stan panitia. 

AYO BACA : Mengapa Bakso Jadi Santapan Primadona Usai Lebaran?

Festival Baso Juara hadir mulai dari Jumat sampai Minggu (7-9/12/2018).

Sebanyak 40 pedagang bakso yang telah dikurasi akan memanjakan pecinta bakso mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. 

Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Aswin Sulaeman mengatakan, Festival Baso Juara 2018 adalah perhelatan ketiga kalinya sejak diadakan pada 2016. Respons yang tinggi membuat festival ini kembali digelar. Tak hanya masyarakat Kota Bandung, penikmat bakso dari luar kota pun menyambangi festival ini. 

"Respons positif ini membuat kami mengadakan Festival Bakso Juara. Pedagang bakso juga sudah dikurasi sebelum berjualan. Mereka harus punya kedai sendiri dan minimal berjualan 6 bulan terakhir," katanya, Jumat (7/12/2018). 

Alasannya, ketika pengunjung ingin mencoba kembali baksonya, bisa mendatangi kedai masing-masing pedagang. 

AYO BACA : Bakso Boedjangan Dipati Ukur Hadir dengan Konsep Baru

Festival Baso Juara menampilkan tiga tema yang berbeda. Pada penyelenggaraan hari pertama, tema yang diusung adalah Jumat Berkah. 100 anak yatim dari Kota Bandung akan memeriahkan festival.  

Pada Sabtu, tema yang diangkat adalah kebudayaan. Tamu yang akan memeriahkan acara ini yakni Pasanggiri Abah Ambu. Sementara itu, saat Minggu, tema Family Day akan dimeriahkan oleh kegiatan olahraga bersama. 

Salah satu penikmat bakso, Ani Rihani (27), mengaku menikmati festival ini. Dia memilih Bakso Trisno sebab bakso itu merupakan bakso kesukaannya. 

"Di sini jadi bisa mencoba aneka bakso terkenal. Sudah jarang mencoba lagi sekarang disuguhkan oleh festival. Jadi bisa terbantu buat mencoba bakso yang disukai tapi jauh dari tempat tinggal," katanya. 

Ani bersama teman kantornya menyambangi festival saat  istirahat siang. Semangkuk Bakso Trisno mampu mengenyangkan perut dan memanjakan lidahnya. 

Begitu pun Siti Reni (33) yang kebetulan sedang berjalan-jalan di Asia Afrika. Saat melihat Cikapundung Timur penuh dengan tenan, ia pun berbelok sekalian menyantap makan siang.

"Enggak sengaja, eh ada Festival Bakso Juara. Bagus ya jadi bisa ramai dan memajukan UMKM. Berbagai macam bakso juga bisa dicoba jadi enggak penasaran," kata dia.

AYO BACA : Bakso Tomat yang Menggugah Selera

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar